Home Info Kesehatan Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Mudah

Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Mudah

2017
0

Cara-Menghitung-Usia-Kehamilan-Yang-Mudah

Kabarmaya.co.idCara menghitung usia kehamilan merupakan salah satu pengetahuan dasar yang baiknya diketahui oleh para orang tua baru. Dengan mengetahui cara penghitungan usia kehamilan ini, sang ibu pasti akan semakin mengetahui perkembangan apa yang sedang dialami dan tentunya dapat memberi perlakuan yang pas untuk memaksimalkan perkembangan jabang bayi. Untuk dapat menghitung usia kehamilan, ada beberapa cara yang dapat bunda tempuh.

Penghitungan usia kehamilan dengan alat dokter

Cara termudah untuk mengetahui usia kandungan memang tidak lain langsung bertanya pada ahlinya. Untuk itu ibu dapat mengunjungi dokter yang khusus menangani masalah kandungan. Dengan memeriksakan kehamilan pada dokter, ibu akan dapat dengan mudah mengetahui usia kandungan. Dokter akan menggunakan alat-alat canggih seperti USG yang mampu menentukan usia kehamilan. Melalui USG tanda-tanda perkembangan bayi akan tampak lebih jelas, sehingga dengan mudah dokter akan memperkirakan usia kehamilan bunda. Cara menghitung usia kehamilan menggunakan USG ini dinilai sangat akurat dan bahkan ibu dapat melihat perkembangan bayi dalam kandungan.

Menghitung usia kehamilan secara mandiri

Salah satu cara menghitung usia kehamilan adalah dengan menghitungnya secara mandiri. Ada dua cara yang dapat ditempuh dengan mandiri, yakni dengan menghitung kalender masa haid dan juga dengan sistem fundus uteri. Dua cara ini dapat  dilakukan tanpa alat canggih dan tentunya dapat dilakukan sendiri di rumah. Untuk sistem kalender haid alangkah baiknya digunakan untuk yang mengalami siklus haid yang teratur antara 28 hingga 30 hari. Untuk melakukan penghitungan usia kehamilan ini, bunda dapat menggunakan beberapa rumus yang telah dibuat oleh para ahli. Penghitungan secara manual ini butuh ketelitian tinggi agar perhitungan usia kehamilan benar-benar valid.

Selain itu ada cara menghitung usia kehamilan dengan sistem fundus uteri. Cara melakukan perhitungan dengan sistem ini caranya cukup mudah, yaitu dengan melakukan perabaan terhadap perut hingga menemukan puncak rahim. Bunda harus teliti meraba bagian perut untuk menemukan dimana letak puncak rahim yang biasanya akan tampak menonjol. Untuk menghitung usia kehamilan dengan menggunakan sistem ini, bunda perlu mengukur jarak antara tulang kemaluan sampai ke ujung fundus uteri atau puncak rahim. Jarak yang dihasilkan menunjukkan usia kehamilan, misalnya jaraknya 21 cm, maka usia kehamilan juga sudah mencapai 21 minggu. Selain itu ibu juga dapat melakukan penghitungan dengan meletakkan dua jari mulai dari tulang kemaluan hingga ke puncak rahim. Dua jari ini mengindikasikan dua minggu usia kehamilan. Jadi semakin bertambah usia kandungan maka jarak antara tulang kemaluan hingga puncak rahim semakin jauh. Namun demikian penghitungan ini biasanya hanya dapat dilakukan oleh bunda yang memiliki ukuran badan atau berat badan yang normal.

Cara menghitung usia kehamilan lainnya yang juga dapat dilakukan secara mandiri adalah dengan menggunakan kalkulator kehamilan yang dapat bunda akses secara bebas di internet. Meskipun kalkulator yang disediakan di internet ini dapat menentukan usia kehamilan, namun sifatnya tidak pasti dan hanya berupa perkiraan dari perhitungan standar kehamilan yang biasa dilakukan.

Dari beberapa cara menghitung usia kehamilan di atas, para ibu dapat memilih sekiranya yang mudah dan memiliki akurasi yang tinggi. Namun demikian tidak ada salahnya jika bunda ingin melakukan penghitungan secara manual. Kedua cara di atas baik melalui dokter maupun manual sejatinya agar dapat memperkirakan usia perkembangan bayi sehingga dapat ditentukan kapan kelahiran bayi akan berlangsung sehingga bunda dapat melakukan persiapan-persiapan sebelum melahirkan.

Loading...