Home Info Kesehatan Daun Sambiloto Bisa Digunakan Untuk Menghilangkan Keputihan Secara Alami

Daun Sambiloto Bisa Digunakan Untuk Menghilangkan Keputihan Secara Alami

1093
0

Daun-Sambiloto-Bisa-Digunakan-Untuk-Menghilangkan-Keputihan-Secara-Alami

Kabarmaya.co.idKeputihan bagi kaum hawa sering kali dianggap sebagai hal yang biasa. Keputihan memang bukanlah suatu penyakit akan tetapi juga harus diwaspadai. Keputihan yang tidak wajar mampu menjadi indikasi dari adanya masalah di area miss V. Keputihan merupakan cairan vagina yang keluar karena disebabkan oleh infeksi bakteri, kuman, virus, jamur atau parasit. Hal tersebut jika dibiarkan secara terus menerus akan menimbulkan berbagai penyakit seperti peradangan bahkan sampai kemandulan. Tanda-tanda jika anda mengalami keputihan memerlukan penanganan serius yaitu dengan adanya cairan berwarna bening kehijauan yang keluar dari vagina secara berlebih seperti mentruasi, cairan yang keluar kental dan memiliki bau amis, daerah sekitar vagina terasa gatal sampai muncul rasa panas pada sekitar vagina.

Sampai saat ini perbincangan solusi untuk menghilangkan keputihan adalah pembahasan menarik untuk wanita. Di era modern dan perkembangan alat-alat medis yang semakin canggih akan tetapi cara menghilangkan keputihan dengan cara alami dengan bahan tradisional juga masih dipertahankan.

Cara menghilangkan keputihan dengan ramuan tradisional yang alami

  1. Daun Sirih

Daun sirih atau piper betle merupakan tanaman asli Indonesia yang mempunyai kandungan minyak atsiri, seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak dan kavikol yang sangat bermanfaat dalam mematikan kuman, sebagai antioksidan dan anti jamur. Daun sirih bermanfaat dalam menghilangkan keputihan. Cara menghilangkan keputihan secara alami dengan menggunakan daun sirih adalah dengan mengambil 10 helai daun sirih yang telah dibersihkan kemudian rebus dengan 2 liter air selama 5 menit, tunggu hingga air rebusan hangat, gunakan air rebusan untuk membasuh area kewanitaan secara teratur seminggu 3x. Sebagai perhatian, jangan terlalu sering membasuh area kewanitaan dengan daun sirih justru akan menghilangkan bakteri baik yang seharusnya dapat menjaga pH kewanitaan.

  1. Lidah Buaya

Siapa sangka tumbuhan yang berkhasiat untuk bahan penyubur rambut juga berkhasiat untuk menghilangkan keputihan. Lidah buaya kaya akan kandungan antiseptik, antijamur, antibakteri, dan antivirus. Lidah buaya juga dapat mengatasi keputihan karena kandungan antiseptiknya. Cara menghilangkan keputihan secara alami dengan menggunakan lidah buaya adalah dengan mengambil bagian dalam daging lidah buaya kemudian potong-potong dan blender, rebus bersama dua gelas air dengan lima lembar daun sambiloto, tunggu hingga hangat dan gunakan untuk membasuh vagina, baik dilakukan dua kali sehari.

  1. Daun Sambiloto

Daun sambiloto selain terkenal sebagai obat penyakit panas juga sangat bermanfaat sebagai cara menghilangkan keputihan. Daun sambiloto mempunyai kandungan laktone, homoandrografolid, flavonoid, alkane, keton, aldehid, mineral, asam kersik dan damar yang sangat baik untuk mengatasi keputihan. Adapun cara menghilangkan keputihan secara alami menggunakan daun sambiloto adalah dengan mengambil tiga batang tanaman sambiloto rebus bersama empat gelas air hingga menjadi dua gelas air kemudian saring dan diminum tiga kali sehari dengan dosis ¾ gelas sekali minum.

Itulah beberapa ramuan yang dapat digunakan sebagai untuk menghilangkan keputihan secara alami. Menggunakan cara alami tentu saja lebih aman dan tidak berbahaya. Menggunakan bahan-bahan kimia justru akan semakin membuat parah keputihan anda. penggunaan bahan kimia tidak hanya akan membunuh bakteri jahat dalam organ kewanitaan akan tetapi juga membunuh bakteri baik yang bertugas menjaga keseimbangan pH organ genital.

Cara mengatasi keputihan secara alami memang mudah dan aman akan tetapi yang jauh lebih penting adalah dengan mencegah agar tidak terjadi keputihan pada organ kewanitaan. Bagaimanapun mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Meskipun tidak semua keputihan tidak berbahaya akan tetapi mengatasi sejak dini dengan menjaga pola hidup yang sehat, selalu menjaga kebersihan maka pastinya kamu akan terhindar dari bakteri, kuman dan juga virus penyebab keputihan.

Loading...