Home Info Kesehatan Gejala Awal Kehamilan Minggu Pertama Mulai Dari Gejala Fisik Hingga Nonfisik

Gejala Awal Kehamilan Minggu Pertama Mulai Dari Gejala Fisik Hingga Nonfisik

479
0

Obat-Keputihan-Untuk-Ibu-Hamil-Dengan-Ramuan-Alami

Kabarmaya.co.idSebagian besar wanita yang baru mengalami kehamilan pertama tidak mengetahui gejala awal kehamilan minggu pertama. Bahkan yang sering terjadi, wanita mengetahui kehamilan pada minggu kedua dan selanjutnya. Namun demikian para wanita perlu tahu cara menghitung minggu pertama kehamilan agar dapat memperhatikan gejala-gejala yang ditimbulkannya. Menurut ilmu kedokteran, calon ibu dapat menghitung minggu pertama kehamilan dari hari terakhir dimana wanita mengalami menstruasi. Hal ini menjawab banyak pemahaman keliru dalam masyarakat yang menganggap bahwa usia kehamilan itu dimulai satu minggu setelah pembuahan.

Nah untuk lebih mengetahui lebih lanjut mengenai gejala yang akan timbul pada minggu pertama kehamilan, simak ulasan berikut ini..

Gejala fisik kehamilan minggu pertama

Wanita yang mengalami kehamilan minggu pertama akan dapat mengetahuinya melalui beberapa tanda fisik yang muncul. Gejala awal kehamilan minggu pertama seringkali membuat perut wanita terasa sakit bahkan kram. Hal ini sebagai implikasi dari proses menempelnya calon janin pada dinding rahim atau implantasi. Proses ini juga akan menimbulkan bercak darah seperti haid hanya saja jumlahnya sedikit. Gejala lain yang umum diketahui masyarakat dan para wanita sekalian adalah rasa mual yang muncul di pagi hari. Rasa mual ini juga disebut dengan morning sickness, sebab seringkali muncul pada pagi hari saja. Meski demikian tidak semua rasa mual menandakan bahwa sedang hamil, maka calon ibu harus mengkonfirmasikan pada dokter.

Gejala awal kehamilan minggu pertama juga dapat dikenali dengan terlambatnya dari jadwal datang bulan. Untuk itu penting sekali bagi wanita untuk mengetahui siklus menstruasinya agar dapat menandai apakah terlambat bulan atau tidak. Menstruasi tidak akan terjadi pada wanita yang hamil karena memang ovarium yang berhasil dibuahi akan menempati dinding rahim yang biasanya meluruh saat haid. Selain itu, pada masa awal kehamilan wanita hamil akan sering merasa ingin buang air kecil. Gejala ini timbul karena janin butuh ruang yang cukup luas sehingga menekan bagian kandung kemih dan menyebabkan ladies akan sering buang air kecil.

Tanda lain yang dapat dijadikan sebagai patokan gejala awal kehamilan minggu pertama adalah peruahan yang terjadi pada payudara. Hal ini terjadi karena perubahan hormon yang terjadi pada masa awal kehamilan. Perubahan yang terjadi biasanya payudara akan lebih membesar ukurannya, selain itu akan lebih sensitif ketika disentuh. Pada beberapa kasus, puting payudara akan membengkak bahkan terasa gatal. Wanita yang baru saja hamil juga cenderung mudah merasa lelah, hal ini disebabkan menurunnya tekanan darah.

Gejala nonfisik kehamilan minggu pertama

Selain gejala fisik, ternyata ada juga gejala nonfisik yang muncul pada ladies yang mengalami kehamilan pada minggu pertama. Gejala nonfisik yang timbul biasanya berupa rasa gelisah yang meningkat. Selain itu calon ibu juga akan sering mengantuk dan mood dapat berubah secara tiba-tiba. Wanita hamil akan lebih sensitif dalam mencium berbagai bau. Gejala awal kehamilan minggu pertama yang berupa nonfisik lainnya adalah ngidam. Tanda ini memang sangat identik dengan kehamilan muda.

Itulah tadi berbagai gejala awal kehamilan minggu pertama yang dapat dikenali. Nah jika ingin mendapat hasil yang lebih akurat maka memang harus melalui tes medis baik itu menggunakan test pack atau langsung mendatangi dokter untuk melakukan USG. Kedua cara terakhir ini akan semakin menguatkan bahwa wanita sedang mengandung jabang bayi yang pastinya sedang dinanti-nantikan untuk hadir di tengah-tengah keluarga.

Loading...