Home Info Kesehatan Bingung Umur Kehamilan Sudah Berapa Minggu? Anda Bisa Hitung Sendiri Lho!

Bingung Umur Kehamilan Sudah Berapa Minggu? Anda Bisa Hitung Sendiri Lho!

1013
0

Bingung-Umur-Kehamilan-Sudah-Berapa-Minggu-Anda-Bisa-Hitung-Sendiri-Lho!

Kabarmaya.co.idUntuk mengetahui umur kehamilan biasanya calon ibu akan datang langsung ke dokter untuk mengetahuinya. Tanpa harus pergi ke dokter, sebenarnya Anda bisa menghitungnya sendiri. Tentunya sebagai seorang calon ibu penting untuk mengetahui umur sangat buah hati yang ada di dalam kandungan sehingga Anda dan suami mampu memberikan langkah prefentif yang tepat untuk menunjang tumbuh kembangnya secara maksimal. Akan tetapi sayangnya pengetahuan akan usia kehamilan masih banyak yang kurang dipahami oleh para calon ibu yang terpenting adalah terus menjaga kehamilan saja.

Mengetahui umur kehamilan sangat penting karena dengannya Anda dan suami akan mengetahui perkembangan dan pertumbuhan organ apa saja yang sedang terjadi pada buah hati, kebutuhan apa yang sedang diperlukan oleh buah hati serta kegiatan apa yang dibolehkan serta tidak dibolehkan selama masa kehamilan tersebut. Selain itu, dengan mengetahui usia kehamilan Anda dapat juga memperhitungkan kapan harus periksa ke dokter untuk memastikan perkembangan bayi.

Biasanya untuk mengetahui umur kehamilan masih mengandalkan dokter atau bidan, memang hal tersebut sangat dianjurkan untuk mendapatkan ketepatan perhitungan usia kehamilan. Dapat juga menghitung usia kehamilan dengan melakukan tes USG untuk mengukur tingkat akurasi yang lebih tinggi terutama untuk mengukur ukuran tengkorak, panjang janin, ginjal, jantung, dsb. Akan tetapi tidak ada salahnya jika Anda mengetahui cara menghitung usia kehamilan yang dilakukan sendiri secara manual. Menghitung usia kehamilan secara manual ini dapat dilakukan melalui perhitungan hari pertama haid terakhir.

Perhitungan HPHT untuk umur kehamilan

Untuk dapat mengukur dan menghitung umur kehamilan bunda berdasarkan pada perhitungan HPHT ini hanya dapat dilakukan oleh bunda yang mempunyai siklus haid normal dan teratur yaitu kurang lebih antara 28-30 hari. Rumus ini menggunakan penghitungan rumus Neagele untuk mengetahui usia kehamilan. Dengan menggunakan rumus ini selain dapat digunakan untuk mengetahui usia kehamilan juga dapat digunakan untuk mengetahui Hari perkiraan lahir (HPL) sang buah hati.

Nah, cara menggunakan atau menghitung rumus Neagele untuk mengetahui umur kehamilan adalah dengan menambahkan 7 pada tanggal pertama haid terakhir, mengurangi angka bulan dengan 3 dan menambahkan 1 pada tahunnya. Sedangkan apabila bulan terakhir haid adalah bulan yang tidak bisa dikurangi dengan 3 misalnya Januari, Februari dan Maret maka angka bulannya ditambah dengan 9 tetapi tahunnya tetap atau tidak ditambah dan tidak dikurangi.

Contoh:

Jika hari pertama Haid terakhir bunda tangga 10 November 2017, maka penghitungan usia kehamilan adalah:

10     11     15

+       –        +

7       3       1

17     8       16        (tanggal HPL)

Jadi dari perhitungan tanggal di atas, kelahiran untuk buah hati bunda adalah tanggal 17 Agustus 2018. Sedangkan untuk umur kehamilan tinggal menghitungnya setiap tanggal 17. Misalnya tanggal 17 Desember berarti usia kehamilan menginjak 1 bulan, 17 Januari usia kehamilan 2 bulan, …..dst. Nah, untuk perkiraan hari lahir ada baiknya Anda menambah atau memberikan tenggang waktu kurang lebih 7 hari. Hari perkiraan lahir bisa saja 7 hari sebelum perhitungan HPL tersebut atau bisa jadi 7 hari setelah perhitungan HPL.

Mudah bukan untuk melakukan perhitungan usia kehamilan?! Anda dapat menghitungnya sendiri di rumah kemudian menandai setiap bulannya di kalender. Anda juga dapat mengukur tingkat kebutuhan sang buah hati setiap bulannya. Dengan begitu, perkembangan bayi akan lebih terkontrol.

Loading...