Home Info Kesehatan Fase Kehamilan, Mengenal Perkembangan Sang Buah Hati

Fase Kehamilan, Mengenal Perkembangan Sang Buah Hati

459
0

Fase-Kehamilan,-Mengenal-Perkembangan-Sang-Buah-Hati

Kabarmaya.co.idBerbicara mengenai kehamilan, ada beberapa fase kehamilan yang pasti akan dialami oleh setiap ibu hamil. Kehamilan memang salah satu masa yang amat ditunggu-tunggu oleh bagi setiap pasangan. Terlebih masa penantian berbulan-bulan dengan janin yang terus berkembang hingga si kecil bisa lahir ke dunia. Masa-masa inilah yang disebut dengan fase kehamilan wanita. Fase ini merupakan tahapan kehamilan seorang wanita atau bisa dibilang juga tahap perkembangan janin di dalam kandungan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di setiap fasenya. Untuk itu, simak ulasan berikut ini.

Kandungan Usia Mencapai 4 Minggu Hingga 8 Minggu

Pada fase kehamilan usia 0-4 minggu, janin di dalam rahim masih dalam proses pembentukan hingga berukuran kira-kira 2 mm. Bisa dikatakan fase ini merupakan salah satu fase kritis karena otak dan jantung juga mulai tumbuh sehingga ibu harus benar-benar menjaga kehamilan dengan baik. Hindari konsumsi makanan berbahaya seperti kafein dan rokok. Kemudian ketika janin berusia kira-kira 6 minggu, jantung janin sudah mulai berdetak. Organ lain juga mulai terbentuk seperti kaki, tangan, tubuh dan kepala. Pada fase ini biasanya pinggul dan payudara sang ibu akan tampak lebih besar dan terjadi peningkatan nafsu makan. Tetap jaga nafsu makan agar berat badan tetap terjaga. Konsumsi makanan dengan protein tinggi dan hindari makanan berlemak.

Kandungan Usia Mencapai 12 Minggu Hingga 16 Minggu

Ketika usia kehamilan kamu berada pada 8-12 minggu, kemungkinan kamu akan mengalami beser atau sering buang air kecil karena pada fase kehamilan ini, organ tubuh janin seperti hidung, mata dan juga duga mulai terbentuk. Ibu bisa memperbanyak konsumsi air putih dan omega 3 serta asam folat, periksakan juga kandungan ke dokter. Ketika memasuki usia 12-16 minggu bisa melakukan USG untuk memperdengarkan detakan jantung dan juga paru-paru janin. Sang ibu harus menjaga kesehatan di sekitar rongga mulut kamu untuk menghindari resiko kelahiran prematur.

Kandungan Usia Mencapai 20 Minggu Hingga 24 Minggu

Pada fase kehamilan yang berusia 16-20 minggu, mulai tumbuh rambut halus pada tubuh janin atau calon bayi. Kebiasaan seorang ibu biasanya akan mengajak bicara sang buah hati meskipun masih di dalam kandungan. Nah di fase ini si kecil sudah bisa merespon suara dan juga mulai bergerak secara teratur. Ketika memasuki usia 20 hingga 24 minggu si kecil sudah mulai bisa membuka bagian kelopak matanya, lemak pada tubuhnya juga sudah mulai terbentuk.

Kandungan Usia Mencapai 28 Minggu Hingga 32 Minggu

Ketika usia kandungan memasuki umur 24-28 minggu, detak jantung si kecil mulai bekerja dengan cepat dan ia pun mulai bisa mengenal suara. Panjang dan berat janinpun akan terus bertambah. Pada fase ini, periksakan diri ke dokter untuk mengetahui posisi bayi. Pada usia 28-32 minggu, fase perkembangan janin mulai memasuki tahap dapat merespon cahaya dan arah kepalanyapun biasanya sudah mengarah ke bawah dalam posisi siap untuk dilahirkan.

Memasuki minggu terakhir yaitu minggu ke 36, bayi mulai berlatih untuk bisa bernafas, menghisap, dan menelan. Pada fase ini juga, bayi sudah terbentuk dengan sempurna dan kepala bayi sudah lebih mengarah ke bawah dan berada di daerah bagian panggul. Orang tua harus senantiasa bersiap, karena sewaktu-waktu bisa mengalami kontraksi dan siap melahirkan. Fase-fase tersebut tidak hanya harus dimengerti oleh ibu, melainkan juga oleh ayah. Suami siaga menjadi dampaan setiap pria saat istri sedang hamil.

Loading...