Home Info Kesehatan Ruam dan Nyeri Di Kulit, Hati Hati Herpes Zoster!

Ruam dan Nyeri Di Kulit, Hati Hati Herpes Zoster!

83
0

Ruam-dan-Nyeri-Di-Kulit,-Hati-Hati-Herpes-Zoster!

Kabarmaya.co.idGatal di kulit adalah hal biasa yang pernah dirasakan semua manusia, namun apa jadinya jika katal dibarengi rasa nyeri? Gatal di kulit yang juga terasa nyeri bisa jadi adalah penyakit Herpes Zoster. Herpes Zoster disebabkan oelh infeksi virus yangmenyebabkan ruam sekaligus nyeri di kulit. Jenis herpes ini bisa tumbuh di manapun di bagian kulit.

Pada umumnya ruam Herpes Zozter akan membentuk garis luka yang berada di sisi kanan atau kiri tubuh. Penyakit ini sebenarnya dipicu akibat adanya virus yang dapat menyebabkan cacar air, Varicella zoster. Seseorang yang telah sembuh dari cacar air, virus selanjutkan akan berada pada fase non-aktif dan bersembunyi di jaringan saraf dekat sumsum tulang belakang dan otak. Sekali-kali virus ini dapat aktif kembali yang kemudian dikenal dengan nama Herpes Zoster.

Perlu dikenali tanda-tanda munculnya Herpes Zoter sebelum mengobati. Gejala umum yang dialami penderita adalah berupa nyeri dan sensasi seperti terbakar, matai rasa atau kesemutan, sensitif jika disentuh, ruam merah berisi cairan yang akan pecah dalam 7 hingga 10 hari, serta rasa gatal. Selain tanda-tanda fisik, biasanya penderita juga merasakan demam, sakit kepala, sensitive dengan cahaya, dan tubuh lemas.

Mengenai penularannya, penyakit ini bisa ditularkan seseorang yang terkena virus Varicella zoster. Penyakit akan mudah menular dengan cepat kepada orang yang mempunyai imunitas rendah terhadap cacar air. Penularan baisanya terjadi melalui kontak langsung dengan luka terbuka pada ruam Herpes Zoster. Jika tertular, orang tersebuit bukan terena Herper Zoster, melainkan caacar air.

Herpes Zoster bisa dicegah dengan beberapa langkah seperti vaksin cacar air dan vaksin hepes itu sendiri. Vaksin varicella merupakan vaksin rutin yang dapat mencegah cacar air. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa yang belum pernah mengalamami cacar air juga menggunakan vaksin ini, namun vaksin ini tidak bisa menjamin penuh tidak terserang cacar air. vaksin hanya berfungsi untuk memperkecil kemungkinan terjadinya komplikasi yang disebabkan oleh cacar air.

Sementara vaksin Zostavax dab Shingrix merupakan vaksin untuk herpes. Sekali vaksin, diprediksi akan memberikan perlindungan tubuh dari Herpes Zoster selama lima tahun. Zostavax dapat diberikan kepada orang di bawah 60 tahun. Sedangkan Shingrix dapat diberikan kepada orang dewasa di atas 50 tahun dengan perlindungan lebih dari lima tahun.

Berbicara tentang obat, Herpes Zoster tidak mempunyai obat khsuus. Pengobatan hanya bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi resiko terjadinya komplikasi. Obat yang baisa digunakan adalah obat antiviral dan obat pereda nyeri. Disarankan mengunjungi dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan obat yang tepat.

Loading...