Home Info Kesehatan Kehamilan 4 Bulan, Ibu Mulai Merasakan Gerakan Bayi

Kehamilan 4 Bulan, Ibu Mulai Merasakan Gerakan Bayi

763
0

Kehamilan-4-Bulan,-Ibu-Mulai-Merasakan-Gerakan-Bayi

Kabarmaya.co.idKehamilan 4 bulan yang dialami setiap ibu hamil menandakan pada bulan tersebut janin sudah diberi ruh atau nyawa sehingga detak jantung bayi sudah terbentuk dan sudah berfungsi normal. Ibu hamil akan merasakan pergerakan jantung janin dimulai pada usia tersebut dan hal itu menunjukkan bahwa bayi yang dikandung dalam keadaan normal atau sehat. Oleh karena pertumbuhan akan lebih pesat, mulai usia kandungan empat bulan sebaiknya ibu lebih sering mengenakan pakaian yang longgar supaya kenyamanan dan keselamatan janin tetap terjaga.

Fase Pertumbuhan Bayi ketika Kehamilan Memasuki Usia Empat Bulan

Pada umumnya ukuran atau berat bayi ketika memasuki usia kehamilan empat bulan mencapai 140 gram yang mana bentuk janin belum terlihat begitu jelas, hanya bagian tempurung kepalanya yang sudah terlihat lebih jelas dibandingkan dengan anggota tubuh janin yang lainnya. Pada kehamilan 4 bulan, bayi yang terdapat di dalam kandungan mengalami perkembangan yang sangat pesat, dimulai dari tempurung kepala yang semakin mengeras, tali pusar yang merupakan tali penyalur makanan semakin kuat. Bentuk tubuh juga akan berkembang perlahan membentuk anggota yang lebih proporsional mengikuti perkembangan kepala janin.

Yang perlu diperhatikan saat Kehamilan 4 Bulan

Selama masa kehamilan, seorang wanita harus selalu menjaga kondisi tubuhnya supaya tidak mudah lelah dan jika memiliki banyak kegiatan sebaiknya diselingi dengan banyak istirahat ringan demi keselamatan dan kesehatan bayi yang dikandungnya. Kehamilan 4 bulan yang perlu diketahui dan diperhatikan adalah posisi tidur yang sudah pasti akan membuat anda kewalahan. Pada bulan tersebut dan seterusnya ibu akan dibuat serba salah, karena posisi tidur yang biasanya terkadang tidak sesuai dan membuat tidak nyaman. Namun posisi tidur yang paling pas dan bisa diterapkan oleh ibu hamil adalah tidur menyamping ke arah kanan dengan posisi tangan kanan berada di bagian bawah dan tangan bagian kiri berada di atas. Ibu hamil perlu juga menambahkan bantal sebagai sandaran tambahan jika tetap megalami kesulitan tidur.

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil 4 Bulan

Ketika seorang wanita sedang hamil berarti ia harus mengetahui bahwa ia tidak hidup sendirian, ada nyawa lain yang berada di dalam perutnya dan keselamatannya tergatung dari seorang ibu. Masalah konsumsi atau makanan yang sudah barang tentu akan dibutuhkan setiap orang, tidak kecuali ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Sudah sepantasnya ketika seorang ibu yang sedang hamil selalu mengontrol apa yang dimakan untuk melangsungkan hidupnya dan juga bayinya, dan makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah makanan yang banyak mengandung zat besi untuk kekuatan tulang ibu dan juga zat yang sangat dibutuhkan janin dalam berkembang.

Untuk tetap merasakan kebugaran, saat Kehamilan 4 bulan seorang ibu hamil juga jangan luput untuk melakukan olahraga. Olahraga untuk ibu hamil tentunya akan berbeda dengan olahraga yang dilakukan oleh orang yang sedang sehat lainnya yang tentunya akan lebih ringan dan santai. Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan juga akan memperlancar proses persalinan nantinya.

Kehamilan 4 bulan bayi memang belum terbentuk dengan sempurna, akan tetapi jangan lupa untuk senantiasa memberikan rangsangan berupa music klasik atau lantunan ayat-ayat suci Al-qur’an dan upayakan selama proses kehamilan menghindari percecokan yang dikhawatirkan akan mempengaruhi janin.

Loading...