Mobile Site

Cara Lain Menikmati Candi Borobudur

Wisata 24 View

Candi BorobudurCandi Borobudur merupakan sebuah Mahakarya seni, budaya, dan agama yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi yang dipercaya telah ada sejak zaman kerajaan Mataram Kuno tahun 800-an Masehi ini juga merupakan salah satu pusat agama Budha di Dunia. Tidak heran bila kamu mengunjungi tempat ini akan menemui banyak sekali biksu Budha sedang menjalankan ibadah. Candi ini terbentuk dari 6 teras bujur sangkar, 3 pelataran melingkar di bagian atas, 2672 panel relief, dan 504 arca Budha. Di bagian atas terdapat Stupa besar utama yang dikelilingi 72 stupa berlubang dengan arca Budha dalam posisi teratai sempurna.

Selain sebagai pusat peribadatan agama Budha, Borobudur juga dibuka untuk umum sebagai objek wisata. Tentu saja ada batasan-batasan yang tidak bisa dijangkau oleh pengunjung umum ketika berkeliling kompleks candi ini. Jadi di hari-hari biasa kamu bisa melakukan tur mengelilingi candi dengan lebih leluasa, namun berikut ini ada tips untuk menikmati Candi Borobudur dengan cara lain, diantaranya:

1. Keindahan Pagi dari Kejauhan.

Pagi hari adalah saat terbaik untuk melihat keagungan candi ini. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menikmati bangunan ini dari kejauhan bermandikan cahaya mentari pagi. Ada beberapa lokasi yang bisa memaksimalkan pemandangan pagi ini, antara lain melalui Punthuk Setumbu maupun Bukit Rhema atau Gereja Ayam. Lokasi-lokasi yang berada di puncak perbukitan tersebut menawarkan pemandangan candi dari kejauhan dengan latar Gunung Merapi dan Merbabu.

Siluet keindahan candi ini bisa kamu dapatkan ketika sang surya mulai menyingsing di antara kedua gunung tersebut. Pastikan kamu sudah bersiap di puncak Punthuk Setumbu maupun Bukit Rhema sebelum fajar menyingsing. Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan fotografi, terutama lensa yang sesuai untuk hasil foto maksimal.

2. Senja di Atas Candi.

Kamu juga bisa menikmati keindahan Candi Borobudur menjelang senja. Pada momen tersebut, keindahan matahari tenggelam di sore hari dari atas Candi akan nampak sangat menakjubkan. Secara resmi operasional Candi ini akan ditutup pada pukul 17.00 WIB. Namun bila kamu ingin berburu keindahan senja dari atas kompleks candi, kamu bisa membeli tiket khusus yang hanya dijual melalui hotel Manohara.

3. Menjelajah Area Di luar Candi Borobudur

Selain kompleks bangunan utama Candi yang ditutupi pagar, kamu juga bisa menikmati keindahan dan kemegahan candi tersebut dari desa-desa sekitar. Jangan khawatir untuk masalah transportasi, banyak sekali pilihan metode transportasi yang bisa kamu pilih. Mulai dari menyewa sepeda yang banyak tersedia di berbagai tempat di luar kompleks candi, hingga kereta kuda atau kereta sapi yang disediakan oleh pengelola. Selain melihat Candi Borobudur dari berbagai sudut, kamu juga bisa berburu foto panorama alam di sekitar Borobudur.

4. Museum Karmawibhangga

Datang ke Borobudur tidak lengkap bila kamu tidak mengunjungi Museum Karmawibangga. Museum ini ada di dalam kompleks candi. Di museum ini kamu bisa belajar berbagai sejarah yang berhubungan dengan candi Budha terbesar ini. Dengan demikian, travelingmu akan lebih bermanfaat karena kamu bisa mempelajari hal baru terkait suatu budaya.

5. Pastikan datang pada Hari Raya Waisak atau Pada Saat Festival

Hari Raya Waisak merupakan momentum tahunan yang menjadikan Borobudur sebagai pusat dari perayaan ibadah Tri Suci Waisak. Meskipun tentu saja akan sangat ramai pengunjung pada momentum ini, kamu tidak akan kecewa dengan kemegahan yang ditawarkan pada perayaan ini. Rangkaian prosesi perarakan di pagi hari dari Candi Mendut, Pawon, hingga Borobudur merupakan momentum mistis yang tidak akan kamu lupakan. Belum lagi suasana pelepasan lampion pada malam hari membuat Borobudur seakan bersinar gemerlap dari kejauhan. Yang melengkapi momentum tersebut adalah keindahan bulan purnama di atas Candi.

Jika kamu melewatkan moment Waisak, kamu bisa menikmati berbagai festival tahunan lain. Festival kebudayaan Borobudur seperti Festival Internasional Borobudur dan Mahakarya Borobudur bisa jadi momentum khusus yang menawarkan keindahan Borobudur dengan cara lain.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id