Mobile Site

Candi Prambanan, Wisata Bersejarah dengan Kisah Cinta Legendaris

Wisata 25 View

Candi PrambananCandi Prambanan adalah sebuah destinasi wisata budaya yang menyimpan misteri kisah cinta anak manusia dan pengkhianatan. Kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang adalah sebuah legenda yang banyak diceritakan. Bahkan saat ini sudah dipentaskan dalam bentuk sendratari kolosal di lokasi candi pada waktu yang tertentu.

Selain kisah dibalik tempat ini, harga tiket Candi Prambanan yang terjangkau pun membuat banyak orang mengunjungi wisata ini. Ada banyak hal menarik dari Candi hindu ini yang bisa kita temukan. Sebelum memutuskan pergi kesana, sebaiknya kamu simak pembahasannya berikut ini.

Sekilas Mengenai Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah sebuah candi Hindu yang sangat cantik dan merupakan salah-satu situs warisan budaya yang dilindungi UNESCO. Candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi oleh Rakai Pikatan pada masa Kerajaan Medang Mataram.

Mempunyai arsitektur runcing dan tinggi, Candi Prambanan adalah sebuah candi Hindu yang terbesar dan termegah di asia Tenggara. Diberi nama Prambanan karena terletak di desa Prambanan di Kecamatan Prambanan Sleman dan Kecamatan Prambanan Klaten.

Prambanan sendiri adalah sebuah terminologi Hindu yang berasal dari kata Brahman atau Brahman Agung yang bermakna Tuhan. Dulu tempat ini dipenuhi para Brahmana yang merupakan pemuka agama Hindu.

Sendratari Roro Jonggrang

Terlepas dari asal nama Prambanan, ternyata candi ini juga terkenal dengan kisah Roro Jonggrang yang sangat fenomenal. Kisah Roro Jonggrang ini adalah sebuah cerita yang sangat populer dan terkenal sebagai cerita rakyat di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Legenda Roro Jonggrang mengisahkan cinta seorang putri yang cantik jelita dengan seorang putera raja yang bernama Bandung Bondowoso. Roro Jonggrang dikutuk menjadi batu atau arca karena mengingkari janjinya. Arca Roro Jonggrang adalah arca terakhir yang terindah untuk menggenapi candi yang ada di kompleks Candi Prambanan.

Kisah Roro Jonggrang sekarang menjadi sebuah atraksi seni berupa pementasan. Sendratari kolosal Roro Jonggrang saat ini dapat disaksikan di komplek Candi Prambanan setiap bulan Desember disamping pementasan Ramayana.

Fasilitas yang tersedia

Sebagai sebuah tempat wisata, maka fasilitas adalah hal yang utama. Berikut fasilitas yang ada di Candi Prambanan:

  • Tempat ibadah (Mushola)
  • Toko Souvenir
  • Toilet/WC
  • Rumah makan
  • Papan informasi
  • Parkir luas
  • Guide
  • Spot foto

Jam Buka & Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Jam buka Candi Prambanan adalah pukul 06.00 WIB – 17.00 selama tujuh hari dalam seminggu, termasuk hari libur nasional kecuali Hari Raya Nyepi. Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah di pagi dan sore hari. Karena pada siang hari biasanya cuaca sangat panas. Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan disini. Untuk kamu yang penasaran bisa lihat di list berikut ini:

  • Menonton pertunjukan Sendratari Ramayana dan Sendratari Roro Jonggrang
  • Berfoto di area Candi
  • Berbelanja Souvenir
  • Menikmati kuliner di sekitar Candi
  • Mampir ke Candi Ratu Boko

Lokasi & Rute Candi Prambanan

Candi Prambanan beralamat lengkap di Jalan. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, masih masuk di Provinsi DI Yogyakarta.

Apabila kamu ingin datang ke Jogja menggunakan pesawat terbang maka akan sangat mudah sekali untuk mengunjungi Candi Prambanan. Rute menuju Candi ini merupakan garis lurus ke arah timur menuju Solo. Hanya berjarak 7,8 km sehingga untuk mencapainya hanya memerlukan waktu 15-30 menit tergantu kondisi lalu-lintas.

Sebagai bukti kamu sudah pernah berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa share foto-foto terbaikmu ke media sosial. Sekedar informasi, di sekitar Candi Prambanan juga terdapat tempat wisata menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi, seperti Candi Ratu Boko, Tebing Breksi Grand Canyon van Yogya, dan The Lost World Castle di kaki Gunung Merapi.

Tags
Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id