Home Pilihan Editor Kisah Simpang Siur Di Balik Sejarah April Mop

Kisah Simpang Siur Di Balik Sejarah April Mop

56
0

Kisah-Simpang-Siur-Di-Balik-Sejarah-April-Mop

Kabarmaya.co.idTanggal 1 April kemarin dikenal sebagai April Mop atau April Fools’ Day. Banyak kalangan yang merayakan hari Arpil Mop dengan guyonan-guyonan di sosial media. Tanggal 1 April ditengarai sebagai hari yang diperbolehkan untuk melakukan kebohongan, kesaksian palsu, atau lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah.

Hingga jaman modern seperti sekarang, trend April Mop masih ditandai dengan aksi tipu-menipu dan candaan terhadap orang lain dengan tujuan mempermalukan pihak-pihak yang mudah tertipu. Sejarah tentang April Mop sendiri hingga saat ini masih simpang siur. Banyak misteri yang tersimpan di dalamnya jika mengauk tentang sejarah April Mop.

Banyak Negara mempunyai tradisi dan budaya sendiri-sendiri terkait April Mop. April Mop dipercayai datang dari Negara Spanyol yang merayakan April Mop pada tanggal 28 Desember dengan sebutan Dia de los Santos. Kalimat tersebut berarti sebagai hari anak tak bersalah, hingga akhirnya pemerintak mengeluarkan Undang Undang baru agar tanggal 28 Desember diundur supaya tidak menjadi bahan tertawaawn publik.

Pendapat berbeda diutarakan oleh Profesor Joseph Boskin dari Boston University. Boskin mengatakan bahwa April Mop datang dari para pelawak Kerajaan Romawi pada pemerintahan Raja Constantin I di abad ketiga sampai keempat setelah Masehi. Para pelawak mengajukan petisi kala itu untuk memberikan izin kepada mereka untuk menjadi raja sehari saja.

Akhirnya Sang Raja mengijinkan petisi tersebut dan mengangkat pelawak yang bernama Jeter untuk menajdi raja pada tanggal 1 April. Raja Jeter naik tahta pada awal Aprl dan tanggal 1 April disebut sebagai hari kemustahilan. Namun seiring berkembangnya jaman, April Mop justru menjadi momok karena membuat korbannya merasa dipermalukan.

Loading...