Home Info Kesehatan Cara Mengatasi Flu Pada Masa Kehamilan

Cara Mengatasi Flu Pada Masa Kehamilan

30
0

Cara-Mengaatasi-Flu-Pada-Masa-Kehamilan

Kabarmaya.co.idSeorang wanita harus menjaga kesehatannya secara sungguh-sungguh saat sedang hamil. Karena pada masa kehamilan tidak hanya sang ibu saja, melainkan juga kesehatan calon bayi juga dipegang oleh ibu. Jika ibu sakit, maka anak di dalam kandungan juga sedikit banyak terkena dampaknya.

Flu merupakan kondisi penyakit yang kerap diderita orang tanpa pandang bulu. Ibu hamil juga bisa terserang flu jika kondisi kekebalan tubuh kurang baik. Jika biasanya flu sering dihilangkan dengan cara meminum obat, namun ibu hamil nampaknya harus berpikir dua kali jika ingin meminum obat dalam keadaan hamil tanpa resep dokter.

Flu sendiri cenderung menjadi lebih parah saat menyerang ibu hamil. Perubahan sistem kekebalan tubuh, jantung, dan paru-paru selama kehamilan merupakan pemicu flu menjadi lebih perat pada masa kehamilan. Bagi wanita hamil, perlu mengetahui apa saja gejala flu agar kondisi tidak memburuk. Gejalanya diantaranya adalah sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan, tubuh mudah lelah, sesak napas disertai batuk, hilang nafsu makan, diare atau muntah, demam, dan tubuh merasa sakit.

Gejala flu atau flu bisa dihilangkan dengan cara terapi. Terapi ini dimaksudkan untuk membuat ibu hamil tidak mengkonsumsi obat selama masa kehamilan untuk menghilangkan flu. Berikut adalah terapi yang bisa dilakukan:

  • Mengkonsumi permen pelega tenggorokan untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk
  • Lebih banyak beristirahat
  • Mengkonsumsi banyak cairan seperti air putih, jus, dan the bebas kafein
  • Menggunakan inhaler
  • Kumur dengan menggunakan obat kumur antiseptic atau air garam
  • Konsumsi sup ayam untuk meredakan radang dan pilek

Jika kondisi tidak kunjung membaik setelah melalukan terapi tersebut di atas, ibu hamil disarankan untuk mengunjungi dokter untuk mendapatkan saran terbaik. Namun seperti yang sudah diketahui bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati, ada beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil untuk menghindari terjadinya flu.

Yaitu dengan mendapatkan vaksin flu, vaksin ini akan memuat ibu dan janin akan terbebas dari dampak flu. Selain vaksin, ibu hamil juga harus memperhatikan pola hidup sehat seperti mencuci tangan, menghindari kerumumnan orang, mengkonsumsi makanan bergizi, menghindari keluarga atau rekan yang sedang sakit, dan jangan lupa untuk olahraga teratur.

Loading...