Home Info Kesehatan Turunkan Kolesterol Dengan Makanan Sehat Berikut Ini!

Turunkan Kolesterol Dengan Makanan Sehat Berikut Ini!

150
0

Turunkan-Kolesterol-Dengan-Makanan-Sehat-Berikut-Ini!

Kabarmaya.co.idKolesterol identik dengan penyakit yang menjangkit organ bagian dalam tubuh. Kolesterol biasanya disebabkan karena faktor pola hidup tidak sehat. Salah satunya adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Tidak bisa dipungkiri bahwa makanan adalah faktor utama yang dapat mempengaruhi profil kolesterol.

Kelebihan kolesterol atau hiperkolesterolemia adalah keadaan dimana kadar kolesterol dalam darah meningkat melebihi batas normal yang sudah ditentukan. Kolesterol yang tinggi menyebabkan penyakit dalam seperti jantung ataupun seragan jatung secara mendadak. Salah satu cara mencegah terjadinya peningkatan kolesterol yang sangat tajam, yaitu dengan mengatur makanan yang  masuk ke dalam tubuh.

Makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi menyebabkan kolesterol dalam darah cepat naik. Beberapa makanan yang termasuk ke dalam jenis bahan makanan yang mengandung lemaj jenuh tinggi antara lain mentega, margarine, bebek, daging berlemak, daging olahran seperti sosis, keju, susu, krim, yogurt tinggi lemak, santan, minyak sawit, dan kuning telur.

Jika seseorang sudah menderita kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia, ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk menjaga kesehatan tubuh. Diantaranya adalah mengkonsumsi makanan yang aman bagi penderita kolesterol tinggi. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh rendah dan berprotein tinggi serta kaya serat.

Serat yang dibutuhkan oleh tubuh adalah 25 gram untuk dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Serat akan melancarkan buang air besar sehingga makanan yang mengandung kolesterol cepat dikeluarkan oleh tubuh. Makanan yang mengandung serat diantaranya adalah biji-bijian, sayur, dan buah.

Selain serat adapula polyunsaturated fat yang terdiri dari makanan seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Ada pula monounsaturated fat yang terdiri dari kenari, alpukat, kacang, dan minyak zaitun. Bagi penderita kolesterol tinggi semua makanan yang masuk ke dalam tubuh perlu diperhatikan.

Makanan terbaik bisa juga dengan mengkonsumi oatmeal. Di dalam oatmeal sendiri mengandung serat yang bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Konsumsi oatmeal 6 gram per hari, bisa ditambahkan buah seperti pisang sebagai tambahan sebanyak 4 gram.

Ikan dan omega3 juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ikan yang mengandung omega3 tinggi akan menstabilkan kolesterol dan menghambat terjadinya pembekuan darah. Konsumsi minimal dua ekor ikan dalam seminggu untuk ikan sejenis tuna dan salmon.

Yang terakhir adalah buah alpukat. Buah berwarna hijau ini memiliki nutrisi yang tinggi, terlebih untuk orang yang menderita kolesterol tinggi dalam darah. Konsumsi alpukat setiap hari akan dapat membantu memperbaik kadar kolesterol yang berlebih pada orang yang obesitas atau kelebihan berat badan.

Loading...