Home Info Kesehatan Cara Mengatasi dan Menghilangkan Mata Ikan Di Kaki

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Mata Ikan Di Kaki

62
0

Cara-Mengatasi-dan-Menghilangkan-Mata-Ikan-Di-Kaki

Kabarmaya.co.idMata ikan adalah pengerasan di bagian kulit yang biasanya terjadi di bagian kaki. Keadaan kulit seperti ini sebenarnya bisa diatasi dengan mengenakan sepatu dan kaus kaki yang sesuai denga ukuran kaki, karena sejatinya mata ikan di kaki disebabkan karena gaya gesek yang terjadi pada kaki.

Pengerasan atau poenebalan yang luas pada mata ikan akan menyebabkan rasa nyeri yang teramat sangat, terutama jika terjadi di bagian kaki depan. Umumnya mata ikan tumbuh di bagian telapak kaki, bisa juga berwarna putih dan berair.

Kenali tanda-tanda mata ikan yang muncul di kaki. Diantaranya adalah lapisan kulit terluar akan lebih tebal dan kasar, terlihat sebuah benjolan yang mengeras dan menonjol, terasa sakit di kulit, dan kulit yang ditumbuhi mata ikan menjadi kering. Keadaan seperti ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan sepatu dengan ukuran yang tidak sesuai, terlalu ketat atu terlalu tinggi sehingga bagian kulit kaki tertekan. Sepatu yang terlalu longgar juga bisa mejadi faktor, karena dengan demikian kaki akan bergeser lebih sering sehingga terjadi gesekan.
  • Tidak mengenakan kaos kaki.
  • Menggunakan alat atau perkakas tangan dapat menimbulkan mata ikan di bagian telapan tangan.
  • Kelainan bentuk kaki. Penderita rheumatoid arthritis berpotensi lebih besar mempunyai mata ikan.

Cara untuk mencegah terjadinya mata ikan bisa dengan melakukan yang berkebalikan dengan faktior penyebabnya, terutama menggunakan sepatu dan kaos kaki yang pas di kaki. Cara mengatasi mata ikan sendiri sebenarnya tidak sulit. Beberapa diantaranya justru tidak perlu menggunakan obat dari dokter atau apotek.

Sederhana saja, pengobatan bisa dilakukan dengan menggunakan bantalan pada atas kaki atau menggunakan kaos kaki. Namun jika mata ikan menyebabkan nyeri bisa konsultasi ke dokter. Tindakan medis yang biasanya dilakukan adalah memotong kelebihan kulit yang menebal. Yang kedua adalah menggunakan obat mata ikan yang mengandung asam salisilat.

Loading...