Home Info Kesehatan Cara Pencegahan Agar Tidak Terkena Penyakit Batu Empedu

Cara Pencegahan Agar Tidak Terkena Penyakit Batu Empedu

55
0

Cara-Pencegahan-Agar-Tidak-Terkena-Penyakit-Batu-Empedu

Kabarmaya.co.id – Batu empedu merupakan salah satu penyakit yang menyiksa. Faktor utama pemicu terjadinya batu empedu adalah gaya hidup yang buruk. Badan terlalu gemuk atau badan terlalu kurus karena diet yang berlebihan bisa menajdi salah satu faktor pemicu terjadiya batu empedu.

Penyakit ini berasal dari endapan cairan pencernaan yang mengeras dan terbentuk di kantong empedu. Kantong empedu sendiri berbentuk seperti buah pir yang berukuran kecil terletak pada sisi kanan dan tepat di bawah hati. Kantong empedu ini menyimpan cairan pencernaan yang akan dilepaskan ke usus kecil untuk membantu proses pencernaan.

Batu empedu sebenarnya ukurannya sangat kecil hanya berukuran sebutir pasir, namun ukuran tersebut bisa membesar seukuran bola golf. Batu empedu bisa bervariasi ukurannya tergantung masing-masing individu. Umumnya batu empedu membesar karena di dalam tubuh terlalu banyak menghasilkan kolesterol empedu.

Terbentuknya batu empedu bisa diprakarsai oleh dua sebab. Yang pertama adalah batu empedu kolesterol, yaitu jenis batu empedu yang paling umum terjadi. Batu ini berwarna kuning yang terdiri dari penunpukan kolesterol yang tidak larut. Kolesterol yang terlalu tinggi dibandingkan cairan empedu akan menyebabkan empedu yang tidak dapat larut.

Yang kedua adalah batu empedu pigmen. Batu ini berwarna hitam yang mengandung banyak bilirubin. Bilirubin merupakan bahan kimia yang diproduksi saat hati menghancurkan sel darah merah yang sudah tua. Kerusakan hati dan kelainan darah menjadi penyebab terjadinya batu empedu pigmen. Batu empedu pigmen terbentuk ketika kantong empedu tidak dapat memecah bilirubin.

Selain itu batu empedu juga bisa terjadi karena kantong empedu tidak dikosongkan dengan baik. Kantong empedu yang sering tidak kosong sepenuhnya bisa terakumulasi dan membentuk batu empedu di dalam kantong empedu yang normal.

Tanda-tanda terjadinya batu empedu adalah nyeri secara tiba-tiba dan cepat pada bagian kanan atas perut dan bagian tengah perut tepat di bawah tulang dada, sakit pada punggung belakang, nyeri di bahu kanan, serta mengalami mual dan muntah. Hal ini terjadi karena batu empedu yang masuk ked dalam saluran tertentu akan menyebabkan penyumbatan sehingga tubuh banyak merasakan nyeri.

Cara pencegahan agar meminimalisir resiko terjadinya batu empedu adalah dengan tidak melewatkan jadwal makan, tetap makan sesuai jadwal dan hindari diet ketat. Jika ingin menurunkan berat badan, turunkan secara perlahan sekitar 1-2 kg setiap minggunya. Yang terakhir adalah dengan mempertahankan berat badan yang ideal dan sehat. Jangan terlalu kurus ataupun obesitas. Kurangi jumlah kalori yang dikonsumsi dan tingkatkan aktivitas fisik untuk mencapai berat badan yang sehat.

Loading...