Home Info Kesehatan Hanya Mitos: Mentimun Bisa Sebabkan Keputihan

Hanya Mitos: Mentimun Bisa Sebabkan Keputihan

46
0

Hanya-Mitos-Mentimun-Bisa-Sebabkan-Keputihan

Kabarmaya.co.id – Mentimun merupakan jenis sayuran yang sering hadir di berbagai masakan Nusantara. Mentimun juga mempunyai banyak fungsi selain digunakan untuk pelengkap makanan, misalnya saja untuk masker wajah. Namun sayangnya banyak yang menyebutkan bahwa mentimun akan meyebabkan keputihan bila dikonsumsi oleh wanita. Benarkah?

Pertama-tama yang harus diketahui adalah kakteristik vagina normal yang memang mengeluarkan lendir tidak berwana, tidak berbau, dan tidak menyebabkan gatal. Banyak sedikitnya lendir yang keluar dari vagina bergantung kepada hormon yang dimiliki tiap orang. Ini sebabnya mengapa antara wanita satu dan wanita lainnya tidak sama banyak sedikitnya lendir di vagina menjelang haid.

Berbicara soal lendir, pasti erat hubungannya dengan keputihan. Kondisi ini terjadi dan dipengaruhi biasanya dari ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti stres, daya tahan tubuh turun, kelelahan, kontrasepsi, dan masih banyak lagi. Infeksi bakteri dan virus juga bisa menyebabkan keputihan, bahkan keputihan yang tidak normal.

Sementara mentimun sebenarnya adalah jenis bahan makanan yang sehat. Jenis sayur berbentuk panjang ini mempunyai kalori yang sangat rendah dan kjandungan lemaknya nol, hal inilah yang menyebabkan mentimun aman dikonsumsi oleh penderita obesitas. Mentimun juga mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol yang bermanfaat untuk mengendalikan bakteri dalam pencernaan untuk diubah menjadi enterolignans yang berfungsi mengatur keseimbangan hormon estrogen. Hormon estrogen yang seimbang akan mengurangi resiko kanker payudara, kanker usus, kanker ovarium, kanker rahim.

Mentimun mempunyai kandungan air sebanyak 95 persen, oleh sebab itu banyak yang menghubung-hubungkan mentimun dengan timbulnya keputihan. Padahal dengan kandungan air yang besar, mentimun bisa memperlancar keluarnya urine. Jadi jika ada yang menyebutkan mengkonsumsi mentimun akan menimbulkan keputihan bagi wanita itu hanya mitos belaka. Untuk menjaga vagina agar tetap sehat, lakukan pola hidup sehat, menjaga kebersihan organ vital, dan rutin memeriksakan kesehatan vagina ke dokter agar tetap terjaga kesehatannya.

Loading...