Home Info Kesehatan Khasiat Serai, Jadi Obat Batuk Hingga Sakit Lambung

Khasiat Serai, Jadi Obat Batuk Hingga Sakit Lambung

161
0

Khasiat-Serai,-Jadi-Obat-Batuk-Hingga-Sakit-Lambung

Kabarmaya.co.idMengkonsumsi obat alami lebih baik dari pada obat kimia yang dibeli di apotek. Banyak sekali bahan-bahan dari alam yang bisa digunakan untuk obat tradisional, salah satunya adalah serai. Serai adalah bahan makanan yang sering digunakan untuk bumbu memasak.

Serai mempunyai bau harum yang khas dan memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Biasanya serai banyak digunakan untuk bahan campuran lotion atau sabun karena memang baunya harum. Selain dimanfaatkan keharumannya, serai juga bisa digunakan sebagai obat.

Serai sendiri mempunyai kandungan antibakteri dan antimikroba sehingga sangat baik untuk mencegah infeksi. Selain itu, terdapat kandungan senyawa analgesik yang berguna untuk meredakan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri pada otot dan sendi. Manfaat lain dari serai adalah dapat digunakan untuk menurunkan panas, meluruhkan dahak, mengobati batuk, obat kumur dan penghangat badan.

  1. Obat batuk – Serei dapat digunakan sebagai obat batuk. Caranya dengan merebus 50 gram daun serai kering dalam 2 gelas air. Rebus sampai air menyusut hingga setengah gelas. Minum 3 kali sehari untuk mengusir batuk.
  2. Obat sakit gigi – Untuk memanfaatkan serai sebagai obat sakit gigi caranya mudah saja. Yaitu dengan mempersiapkan 40 gram daun serai segar direbus dalam 2 gelas air sampai air tinggal ½ gelas. Gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur untuk mengatasi sakit gigi.
  3. Obat kesleo – Tidak hanya untuk dikonsumsi, serai juga bisa digunakan sebaai obat oles pada kaki kesleo atau terkilir. Caranya 2 batang serai, 3 buah kemiri dan sedikit air ditumbuk. Panaskan diatas api. Setelah cukup panas, tempatkan pada bagian yang terkilir.
  4. Obat Maag – Penyakit lambung seperti maag sudah sering diderita masyarakat Indonesia pada umumnya. Serai bisa digunakan untuk mengobati penyakit maag dengan cara 40 gram serai segar rebus dalam 2 gelas air dan biarkan sampai air tersisa ½ gelas. Minum 2 kali sehari untuk mendapatkan khasiatnya.
  5. Obat nyeri – Serai bisa digunakan untuk menghilangkan nyeri dan penghangat tubuh. Caranya dengan membuat serai menajdi minyak yang bisa dibalurkan ke seluruh tubuh. Minyak serai dapat memberikan kehangatan termasuk pada sendi-sendi.

Namun perlu diperhatikan saat menggunakan serai sebagai obat. Misalnya saja saat serai terasa panas di tubuh, pada orang- orang tertentu serai bisa menimbulkan iritasi pada kulit jika digunakan secara langsung. Untuk menyiasatinya, minyak serai dapat dicampurkan dengan pelarut lainnya agar mengurangi rasa panas.

Minyak serai juga tidak disarankan untuk wanita hamil. Hal ini dikarenakan minyak serai dapat meningkatkan denyut jantung. Denyut jantung yang berlebihan akan membuat ibu hamil cepat lelah dan menganggu kesehatan pada saat kehamilan.

Loading...