Home Informasi Teknologi Ini Alasan Kamu Wajib Berhenti Gunakan Facebook Messenger Mulai Sekarang!

Ini Alasan Kamu Wajib Berhenti Gunakan Facebook Messenger Mulai Sekarang!

96
0

facebook-keluarkan-safety-check-untuk-tanggulangi-bencana

Kabarmaya.co.id – Belakangan ini media sosial Facebook memang dinilai tengah bermasalah. Bukan tanpa alasan, pasalnya akhir-akhir ini banyak pengguna Facebook yang mengeluhkan kinerja dari akun media sosial terbesar di dunia ini. Meski sudah digunakan lebih dari 1,2 miliar pengguna, namun media sosial yang satu ini justru telah mengecewakan banyak pihak.  Bagaimana tidak, baru-baru ini diungkapkan, Facebook bisa memindai seluruh kotak masuk Messenger penggunanya, suka atau tidak pengguna terhadap hal tersebut.

Berdasarkan pada laporan Business Insider Singapura, Senin (9/4/2018), bagi Messenger pengguna rupanya bukan sebuah pelanggan yang harus dipuaskan melainkan dianggap sebagai tawanan.  Hal tersebut lantaran pesan pengguna yang dikirim lewat Facebook Messenger merupakan hak Facebook, dan tidak lagi pribadi. Pasalnya, perusahaan yang juga memiliki WhatsApp dan Instagram itu telah mengumpulkan data riwayat panggilan dan SMS pengguna, sekalipun itu di luar aplikasi Messenger.

Pengumpulan data riwayat panggilan milik pengguna dilakukan selama bertahun-tahun dan baru berhenti Maret 2018 setelah berbagai media mempublikasikan hal tersebut. Facebook pun berkilah pihaknya tidak mencuri, melainkan penggunalah yang memberikan izin untuk mengakses daftar kontak mereka. Menyadari hal itu, sebaiknya pengguna menarik kembali izin yang diberikan ke Facebook.

Rasanya tidak masalah berhenti memakai Messenger, apalagi di luar sana masih banyak aplikasi pesan lain yang mungkin saja lebih menjaga privasi pengguna. Business Insider Singapura justru menyarankan pengguna untuk menghapus aplikasi Messenger dari smartphone, mematikannya, dan pilih aplikasi lain yang tidak menyalahgunakan kepercayaan pengguna. Mengingat saat ini sudah banyak aplikasi berkirim pesan instan yang bisa diunggah dan digunakan secara gratis di smartphone.

Loading...