Home Info Kesehatan Menghadapi Dilema Persalinan, Lebih Baik Caesar Atau Normal?

Menghadapi Dilema Persalinan, Lebih Baik Caesar Atau Normal?

124
0

Menghadapi-Dilema-Persalinan,-Lebih-Baik-Caesar-Atau-Normal

Kabarmaya.co.idIbu yang sedang mengandung apalagi itu adalah kehamilan pertama tentu akan menimbulkan dilema menjelang persalinan. Dilema muncul saat akan memilih melahirkan secara normal atau melakukan operasi caesar. Dua cara ini merupakan pilihan untuk melahirkan buah hati ke dunia.

Sebagai informasi, persalinan normal atau yang disebut sebagai persalinan pervaginaan adalah melahirkan dengan cara alamiah melalui jalan lahir bayi yaitu vagina. Sedanmgkan operasi caesar atau atau seksio sesarea (sc) adalah cara melahirkan dengan cara membedah perut ibu untuk mengeluarkan janin.

Untuk mengetahu kelemahan dan kelebihan persalinan normal dan operasi caesar, mari simak ulasan berikut ini:

Keuntungan persalinan normal adalah risiko bayi mengalami kesulitan bernapas sangat kecil. Alasannya karena pada asat bagi keluar melalui vagina ibu, bayi mengalami tekanan sehingga membantu keluarnya cairan yang sudah masuk ke paru-paru. Keuntungan lainnya adalah bayi kebal terhadap alergi ataupun alergi laktosa. Aklasannya karena adanya paparan bakteri baik pada jalan lahir yang membantu bayi menjadi lebih kuat.

Selain mempunyai keuntunan, melahirkan secara normal juga mempunyai kelemahan yaitu membutuhkan waktu sampai pembukaan cukup besar untuk jalan keluarnya bayi. Apabila pembukaan tidak aja kemajuan, bayi di dalam akan stres dan kekurangan oksigen sehingga mengancam nyawa bayi. Persalinan normal lebih terasa sakit karena ibu harus merasakan kontraksi. Yang terakhir adalah risiko kerusakan otot dasar panggul yang menyebabkan ibu sulit menahan kencing.

Berbeda dengan operasi caesar, cara melahirkan ini terbagi atas operasi caesar darurat dan terencana. Terencana berarti proses kelahiran menggunakan operasi sudah direncanakan jauh sebelumnya. Tindakan ini biasanya direncanakan berdasarkan kondisi ibu dan bayi, misalnya plasenta previa, bayi sungsang, terlilit tali pusar, serta kondisi khusus lainnya.

Sedangkan caesar darurat adalah pembedahan yang dilakukan stelah sebelumya sudah ada tanda-tanda melahirkan normal namun keadaan ibu dan bayi memburuk karena beberapa faktor sehingga harus melalui jalan operasi. Persalinan secara operasi caesar juga mempunyai keuntungan dan kelemahan. Keuntungan pertama adalah orang tua dapat memilih tanggal lahir. Biasanya orang tua memilih tanggal cantik di kala usia kandungan sudah matang untuk hari dimana anak mereka dilahirkan.

Dalam operasi caesar ibu juga tidak mengalami ketidakmampuan menahan saat akan buang air akibat kerusakan otot panggul. Bayi juga tidak mengalami stres akibat persalinan yang lama, kondisi ini akan sangat berbeda saat kelahiran normal yang biasanya terjadi lebih lama akibat pembukaan yang tidak cepat.

Kelemahannya, bayi akan mengalami risiko lebih tinggi alergi. Bayi juga beresiko kesulitan bernapas setelah lahir karena adanya cairan yang masuk ke paru-paru. Dibandingkan dengan persalinan normal, oeprasi caesar memerlukan waktu yang lama untuk pulih karena operasi ini termasuk ke dalam operasi pembedahan besar.

Loading...