Home Info Kesehatan Asupan Gizi Sehat Bagi Ibu Hamil

Asupan Gizi Sehat Bagi Ibu Hamil

993
0

Asupan-Gizi-Sehat-Bagi-Ibu-Hamil

Kabarmaya.com – Seorang ibu hamil haruslah menjaga asupan gizi tubuhnya. Selain memberikan gizi bagi dirinya sendiri, ibu hamil juga bertanggung jawab atas gizi bayi di dalam kandungannya. Jika asupan gizi kurang, hal tersebut bisa membahayakan bagi si ibu maupun si jabang bayi.

Asupan gizi sehat terdapat pada makanan yang sehat pula. Jadi untuk memaksimalkan tumbuh kembang bayi dalam kandungan, ibu hamil harus selalu memperhatikan pola makan dan memilih makanan apa saja yang dirasa cocok untuk kesehatannya dan bayinya.

Tidak semua makanan diperbolehkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Hanya makanan tertentu yang dianjurkan sebagai makanan yang mempunyai gizi tinggi. Untuk mengetahui makanan apa saja itu, berikut ini adalah ulasannya.

Bayam. Tumbuhan bayam adalah sayuran hijau yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil. Di dalam bayam terkandung  kalsium yang rendah sodium. Selain itu, kandungan folat di dalam bayam dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Banyak manfaat yang dapat diambil dari bayam, bayam juga mampu membuat proses persalinan menjadi lancar.

Telur rebus. Telur rebus merupakan makanan kaya protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Namun perlu diperhatikan, jangan konsumsi telur rebus dalam keadaan setengah matang. Karena dalam telur yang belum matang secara sempurna masih tersisa bakteri yang terkandung di dalamnya.

Ikan salmon. Jika ibu hamil suka dengan masakan yang berbahan ikan laut, lebih baik pilih ikan laut dari jenis salmon. Ikan yang terkenal sedikit mahal tersebut ternyata mempunyai kandungan omega-9 yang dapat mengurangi depresi san segala jenis strees.

Singkong. Sama seperti layaknya daun bayam. Singkong juga mempunyai kandungan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Berbeda dengan harganya yang murah, singkong justru mempunyai banyak manfaat. Salah satu diantaranya adalah menaikkan stamina dan energi ibu hamil.

Kacang kacangan. Mengkonsumsi kacang-kacangan akan memperlancar pencernaan pada ibu hamil. Karena dalam kacang-kacangan sendiri terkandung banyak serat yang berfungsi sebagai pembantu pencernaan.

Makanan-makanan di atas adalah beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Jangan lupa untuk memperhatikan faktor lain yang akan menunjang kesehatan ibu beserta bayi di dalam kandungan.

Loading...