Home Info Kesehatan Penyebab Kista Bisa Tumbuh Di Rahim

Penyebab Kista Bisa Tumbuh Di Rahim

114
0

Penyebab-Kista-Bisa-Tumbuh-Di-Rahim

Kabarmaya.co.id – Selain kanker yang merupakan penyakit ganas yang bisa menjangkit bagian rahim wanita, beberapa penyakit lainnya juga bisa tumbuh di rahim. Selain mioma, ada pula kista yang sering menjadi momok para wanita. Kista rahim sendiri sering terjadi tanpa tanda atau gejala yang signifikan. Namun penyakit ini bersifat jinak atau tidak seperti kanker.

Kista rahim sebenarnya adalah kantung yang berisi cairan yang tumbuh di dalam rahim. Meski tidak menimbukan gejala yang signifikan, namun biasanya kista rahim akan menyebabkan penderitanya mengalalami nyeri di perut bawah dan perdarahan yang tidak teratur. Kista mungkin tidak memerlukan pengobatan, namun untuk beberapa kasus membutuhkan operasi pengangkatan kista pada rahim.

Kista mempunyai bermacam-macam bentuk, mulai dari kecil hingga bisa membesar seukuran buah melon. Kista terbentuk akibat dari fungsi normal siklus menstruasi. Kista sendiri dibagi atas beberapa jenis, seperti berikut:

  1. Functional cysts

Kista ini paling umum terjadi dan dibagi atas dua jenis yaitu follicular cysts dan corpus luteum cysts. Follicular cysts terjadi ketika ada sesuatu yang mengganggu sehingga folikel tidak bisa melepaskan sel telur. Folikel tidak pecah kemudian berubah menjadi kista. Sementara corpus luteum cysts adalah kista yang terbentuk ketika folikel pecah dan menghasilkan hormon esterogen dan progesteron. Kista ini tidak mencegah atau mengancam kehamilan seperti follicular cysts.

  1. Dermoid cysts

Kista jenis ini kemungkinan berisi jaringan seperti rambut, kulit, atau gigi karena terbentuk dari sel yang menghasilkan telur manusia. Kista jenis ini umumnya bersifat jinak.

  1. Cystadenomas

Kista ini berkembang dari jaringan ovarium yang kemungkinan dapat berisi cairan encer atau mukosa (kental).

  1. Endometriomas

Kista ini berkembang sebagai akibat endometriosis, suatu kondisi dimana sel endometrium uterus tumbuh diluar rahim. Beberapa jaringan dapat menempel pada rahim  dan mulai berkembang.

  1. Polycystic Ovary Sindrome (PCOS)

Jika mengalami PCOS maka dapat terjadi banyak kista kecil jinak di indung telur. Kista jenis ini bertumbuh karena masalah ovulasi yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. PCOS dapat mempengaruhi siklus menstruasi, berkurangnya kesuburan, pertumbuhan rambut, obesitas, dan jerawat.

Tanda dan gejala signifikan terhadap timbulnya kista masih jarang dirasakan. Namun ketika kista tumbuh menajdi lebih besar, akan terasa nyeri pada perut bagian bawah. Biasanya rasa sakit akan datang ketika berhubungan seksual. Siklus menstruasi yang tidak teratur (bisa lebih jarang atau lebih sering) juga bisa menjadi indikasi adanya kista. Kista yang membesar akan terlihat secara fisik yaitu dengan keadaan perut yang membesar. Gangguan kencing juga merupakan salah satu faktor yang ditimbulkan akibat kista. Biasanya penderita akan lebih sering kencing karena kandung kemih terdesak oleh kista, atau kesulitan kencing karena urin terasa tidak bisa habis.

Meski kista termasuk jinak, namun kista juga bisa berubah menjadi ganas pada keadaan tertentu atau pecah. Beberapa kista rahim menyebabkan sejumlah hormon menjadi tidak seimbang dan menimbulkan gejala yang luar biasa. Karena kista belum ditemukan cara pencegahan pertumbuhannya, namun supaya aman lebih baik periksakan diri rutin setiap bulan atau setiap 3 bulan sekail. Khususnya para wanita yang rawan sekali terserang penyakit yang berhubungan dengan rahim.

Loading...