Home Informasi Travel Perkenalkan Makanan Khas, Warga Pundong Bantul Adakan ‘Festival Mides 2018’

Perkenalkan Makanan Khas, Warga Pundong Bantul Adakan ‘Festival Mides 2018’

89
0
Perkenalkan-Makanan-Khas,-Warga-Pundong-Bantul-Adakan-‘Festival-Mides-2018’
Mides Pundong Bantul

Kabarmaya.co.idMides merupakan makanan khas dari Pundong, Bantul, Yogyakarta. Untuk memperkenalkan makanan ini, sebuah festival yang dikenal dengan sebutan ‘Festival Mides’ pun digelar. Dalam gelaran tersebut, ribuan bungkus mie yang berasal dari singkong ini dibagikan kepada masyarakat. Uniknya, mie tersebut dibungkus menggunakan daun pisang. Alasannya tak lain yaitu untuk menjaga kekhasan dan juga menghindari sampah non organik berserakan di tempat tersebut.

Ribuan warga yang berasal dari sekitar Kecamatan Pundong berbondong-bondong datang ke lokasi produksi Mides Pundong semenjak pagi hari. Dalam festival tersebut pelaksana membagikan mie Pundong sebanyak 2018 bungkus kepada warga secara gratis. Setelahnya mereka memakan mi pundong secara bersama-sama.

Mides sendiri merupakan mie yang dibuat dengan menggunakan bahan dari singkong. Diadakannya festival tersebut guna untuk memperkenalkan mie desa kepada masyarakat luar, tak terbatas di daerah Bantul atau DIY saja. Diharapkan dengan terselenggaranya festival tersebut, mie ini juga bisa dikenal hingga kancah nasional bahkan internasional. Dengan begitu, perekonomian warga juga bisa terangkat.

Mi yang menjadi makanan khas Pundong tersebut, memiliki ukuran yang lebih besar dibanding mie pada umumnya. Hal ini terjadi karena mie tersebut dibuat dengan cara diiris. Mides ternyata merupakan singkatan dari mie pedes, varian yang bisa dibuat dari mie Pundong.

Dwi Bowo Gunawanto, salah seorang warga Pundong mengatakan jika hampir seluruh warga Pundong bisa membuat dan paham cara pembuatan mides. Caranya ternyata terbilang mudah, singkong yang sudah disiapkan dikupas kemudian digiling. Hasil gilingan diperas, kemudian diambil dari patinya. Sari pati tersebut yang kemudian diolah menjadi mie pedes atau mides.

Loading...