Home Informasi Travel 10 Rekomendasi Kuliner Enak di Jakarta yang Wajib Anda Coba

10 Rekomendasi Kuliner Enak di Jakarta yang Wajib Anda Coba

64
0

Kuliner Jakarta

Kabarmaya.co.id – Panas, pengap, macet, penuh polusi. Inilah gambaran Kota Jakarta pada setiap benak masyarakatnya. Belum lagi dengan semua pendapat negatif tentang kota ini dari berbagai lapisan masyarakat di daerah lain di Indonesia.

Meski begitu, setiap kota tentu memiliki karakter, ciri khas, dan keunikan tersendiri yang tentu saja tidak dimiliki oleh daerah lainnya. Tak terkecuali dengan Jakarta. Sebagai sentra bisnis dan ekonomi negara yang paling utama, Jakarta ternyata juga memiliki segudang destinasi wisata yang menarik.

Walaupun didominasi oleh megahnya gedung pencakar langit di hampir semua wilayahnya, kota ini masih menyediakan tempat-tempat asik untuk Anda kunjungi, terutama dari sisi kulinernya. Nah, ini dia tempat kuliner enak di Jakarta yang harus Anda singgahi:

Restoran Seafood Seribu Rasa
Kuliner enak di Jakarta yang pertama direkomendasikan untuk Anda yang hobi mengunyah seafood alias makanan laut. Restoran ini berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Haji Agus Salim No. 128, Jakarta. Restoran Seribu Rasa menyajikan aneka hidangan seafood dengan cita rasa khas yang pasti akan membuat Anda ketagihan.

Menu yang ditawarkan pun sangat beragam. Selain aneka hidangan laut, Restoran Seribu Rasa juga menyajikan masakan khas Nusantara yang juga tak boleh Anda lewatkan. Jika berkunjung ke sini, Anda jangan sampai lupa mencoba lezatnya satai ayam dan kepiting soka.

Tak hanya memuaskan dalam segi rasa, Restoran Seribu Rasa juga menyediakan tempat yang begitu nyaman. Desain interiornya menggambarkan suasana sederhana tanpa meninggalkan aksen mewah di baliknya. Pelayanannya pun sangat memuaskan, menjadikan tempat ini semakin ramai dikunjungi para pencinta kuliner khas Tanah Air.

Cafe Batavia
Selanjutnya, bagi penikmat kuliner bergaya historik. Anda bisa segera menuju ke Cafe Batavia yang berlokasi di kawasan Kota Tua Jakarta, tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara No. 14, Jakarta Utara. Lokasi cafe ini tepat berseberangan dengan salah satu museum paling terkenal di ibu kota, Museum Fatahillah.

Cafe ini menyajikan aneka menu pilihan, mulai dari Western, Oriental, Europe, hingga sajian autentik khas nusantara. Berbagai minuman pun tersedia di sini, tentunya dengan cita rasa yang tak bisa diragukan lagi. Bagi Anda yang membawa serta keluarga dan buah hati, tidak perlu khawatir, karena Cafe Batavia juga menyediakan menu khusus untuk anak-anak.

Sembari bersantap, Anda akan disuguhkan dengan nuansa sejarah yang begitu dominan. Ditemani dengan ornamen dan segala perabotan di dalamnya yang bergaya klasik, Anda akan dibawa pada suasana tempo dulu, seperti bernostalgia. Tak hanya di kalangan remaja, tempat ini juga menjadi destinasi kuliner sekaligus wisata favorit keluarga.

Bakmi Asui
Tempat kuliner enak di Jakarta berikutnya adalah Bakmi Asui. Tempat makan ini hanya menyajikan satu jenis menu, yaitu mi. Ada dua hal unik yang akan Anda temui saat berkunjung ke rumah makan yang berlokasi di wilayah Jakarta Barat, tepatnya di Jalan Tanjung Duren III A No. 337 B, Jakarta ini.

Pertama, tentu saja ada pada menunya. Mi yang disajikan di Bakmi Asui bertekstur tebal dengan potongan daging ayam yang besar. Anda bisa meminta penjual untuk menyajikan potongan daging di bagian paha atau dada. Kuahnya pun kaya akan rasa kaldu, semakin menambah kelezatan sajian satu ini.

Kedua, rumah makan ini tidak menggunakan sistem pesanan per meja. Anda dan pelanggan lain pun harus berebut tempat duduk, karena tempat ini selalu ramai dikunjungi para pencinta mi, terlebih saat akhir pekan. Selanjutnya, para pelayan akan berjalan sembari membawa nampan berisi mi berikut kuahnya. Supaya bisa segera menyantapnya, Anda harus memanggil si pelayan. Sama halnya dengan tempat duduk, Anda pun harus berebut untuk bisa menikmati enaknya mi satu ini.

SKYE Bar & Restaurant
Bagi masyarakat Jakarta, nama SKYE Bar & Restaurant pasti sudah tak asing lagi di telinga. Ya, restoran mewah dan berkelas ini memang menjadi tempat favorit bagi warga Jakarta kalangan atas. Lokasinya di Jalan M.H. Thamrin No. 1 Jakarta, tepatnya di lantai 56 Gedung Menara BCA, yang menjadi satu dengan pusat perbelanjaan favorit ibu kota, Grand Indonesia.

Tak hanya rasa makanannya yang begitu lezat, SKYE Bar & Restaurant juga menjanjikan pemandangan yang begitu mengagumkan, terlebih saat malam menjelang. Dari sini, Anda bisa menyaksikan lansekap Kota Jakarta yang begitu memesona, puncak gedung-gedung pencakar langit dari kejauhan, dan kerlap-kerlip lampu yang saling mengisi kegelapan. Tak heran jika tempat ini sering dikunjungi untuk makan malam mewah nan romantis juga sebagai tempat melamar sang kekasih hati.

Aneka masakan bercita rasa Oriental, Western, dan segala jenis pasta bisa Anda temukan di sini. Termasuk pula segala jenis wine, cocktail, dan beragam minuman mewah dan berkelas lainnya. Saat berkunjung ke sini, sebaiknya Anda menggunakan pakaian formal, seperti sepatu hak tinggi atau wedges untuk wanita dan balutan jas atau kemeja dengan sepatu untuk pria.

Crematology Coffee Roasters
Anda penyuka kopi? Nah, tempat kuliner enak di Jakarta satu ini tak boleh Anda lewatkan. Namanya Crematology Coffee Roasters, berlokasi di kawasan elit Senopati, tepatnya di Jalan Suryo No. 25, Jakarta Selatan. Tempat ngopi satu ini tak hanya menyediakan aneka kopi dan camilan dengan rasa yang enak, suasananya pun nyaman dengan pemilihan interior dan desain yang cozy.

Crematology Coffee Roasters menyuguhkan kelengangan di balik hiruk pikuk dan sibuknya Kota Jakarta. Tempat ini selalu ramai dikunjungi untuk berbagai kegiatan, mulai dari pertemuan penting dengan klien, berkumpul dengan kolega selepas bekerja, bercengkerama bersama keluarga, hingga sekadar hangout bersama teman dan kekasih di akhir pekan. Menghabiskan waktu dengan menyelesaikan pekerjaan sendiri pun bisa Anda lakukan di sini.

Homebound Coffee
Masih seputar tempat terbaik untuk minum kopi di ibu kota. Selain Crematology Coffee Roasters yang ada di Bilangan Senopati, Jakarta masih punya segudang tempat ngopi yang sangat direkomendasikan, salah satunya adalah Homebound Coffee. Tempat ini berlokasi di Jalan Kelapa Kopyor Raya Blok CC No. 1, Jakarta Utara, tepatnya di kawasan Kelapa Gading.

Homebound Coffee menyediakan konsep cafe rumahan. Bangunannya memang masih menjadi satu dengan rumah si pemilik. Inilah mengapa tempat ini tidak begitu luas laiknya coffee shop pada umumnya. Meski begitu, Anda tetap bisa mendapatkan pengalaman menikmati secangkir kopi dan sepiring camilan dengan cita rasa yang lezat.

Pagi hari menjadi waktu terbaik untuk berkunjung ke Homebound Coffee, karena Anda bisa berbincang santai dengan sang empunya cafe ini yang turut merangkap sebagai salah satu baristanya. Keramahan si pemilik akan membuat Anda betah berlama-lama menghabiskan waktu di sini. Pengetahuan pemilik tentang kopi yang amat luas akan membantu Anda menentukan kopi terbaik untuk disesap.

The Picollo dan Choco Malt menjadi menu andalan yang paling banyak dipesan di Homebound Coffee. Jadi, jangan sampai Anda lupa mencicipinya saat mampir ke cafe rumahan di pusat Kelapa Gading ini, ya!

Namaaz Dining
Kembali ke kawasan Senopati, ada sebuah tempat kuliner enak di Jakarta yang menyajikan menu khas nusantara, namanya Namaaz Dining. Lokasi restoran ini berada di Jalan Gunawarman No. 42, Jakarta Selatan. Saat pertama melangkahkan kaki di sini, Anda akan disambut dengan keramahan para pramusaji. Didukung dengan desain interior ruangan yang begitu nyaman, Anda tak akan pernah menyesal pernah berkunjung ke sini.

Setiap restoran pasti memiliki ciri khas yang membuatnya laik dikunjungi, termasuk pula Namaaz Dining. Di sini, Anda tidak selamanya mendapatkan menu yang sama. Setiap bulannya, menu yang ditawarkan berbeda-beda, tergantung pada ide dan kreasi dari sang koki. Inilah yang membuat restoran berkelas ini begitu unik.

Belum cukup sampai di situ, kepiawaian sang koki dalam menyajikan makanan pun turut mendapatkan apreasi. Bagaimana tidak, semua makanan ditata dengan apik, unik, dan menarik dengan konsep molecular gastronomy. Menariknya lagi, Anda harus membuat reservasi terlebih dahulu untuk bisa menikmati aneka santapan menarik di sini, karena Namaaz Dining hanya menerima 28 tamu setiap harinya.

Anda tak akan bisa menemukan aneka minuman selain air putih dan soda, agar tak kehilangan cita rasa orisinalnya saat bersantap nanti. Sang koki yang amat andal—Chef Andrian Ishkak, akan menyuguhkan 17 menu menarik yang pasti akan membuat pengalaman bersantap Anda semakin sempurna. Beberapa menu tersebut di antaranya opor ayam dengan tampilan pensil dan kertas, es krim mini dengan tampilan seperti biskuit regal, dan masih banyak lagi.

EIO Patisserie
Membicarakan kuliner enak di Jakarta memang tak pernah ada habisnya. Restoran dengan aneka menu bergaya Western, Oriental, Europe, dan aneka masakan tradisional khas Tanah Air, semua bisa Anda temukan di ibu kota. Belum lagi dengan berbagai tempat minum kopi yang memiliki cita rasa otentik dan unik.

Nah, tempat berikutnya sangat tepat disambangi untuk Anda yang begitu menggemari roti dan patisserie. EIO Patisserie, yang berlokasi di Jalan Mandara Permai VII, Jakarta, tepatnya di kawasan Ruko The Metro Blok 6 Unit KA, Lantai 2 adalah salah satu yang menyajikan aneka kue dan cake manis nan enak. Bentuk dan tampilannya aneka cake-nya begitu menarik dan cantik.

Selain cake dan pastry, EIO Patisserie juga menawarkan es krim dengan rasa yang tak kalah lezatnya. Teksturnya begitu lembut saat menyentuh lidah, membuat Anda ingin menyuapkan lagi dan lagi. Kepuasan Anda akan semakin maksimal dengan desain interior bangunan restoran yang amat mewah dan berkelas. Ruangannya begitu luas, dengan aksen yang glamor di beberapa sisi juga pada perabotan yang ada.

Semua menu yang tersedia di EIO Patisserie memiliki rasa lezat yang khas. Meski demikian, tetap ada beberapa menu unggulan yang direkomendasikan untuk Anda. Yuzu Cremeux dan Fruit Chesse Tart adalah dua di antaranya. Perpaduan rasa antara asam dan manis yang seimbang tak membuat Anda merasa eneg saat mencobanya. Para pramusajinya pun selalu siap sedia memberikan informasi tentang desert yang mereka sajikan untuk Anda pilih.

Pancious
Masih seputar desert, restoran selanjutnya yang harus Anda kunjungi adalah Pancious. Restoran ini berlokasi di Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading, Jakarta utara, tepatnya di dalam Mal Kelapa Gading 5 Lantai Ground.

Meski lebih terkenal karena hidangan panekuknya yang rasanya begitu menggoyang lidah, Pancious juga memiliki aneka menu khas Italia lainnya, salah satunya yang paling diminati adalah pasta. Beberapa menu yang mesti Anda coba di antaranya adalah risotto salmon atau jamur, Honeycomb and Hot Salted Caramel Sauce, Caramelized Banana, dan Crepes rasa Berry Chesse. Jangan lupa juga untuk mencicipi rasa nikmat dari berbagai menu kopi yang ditawarkan.

Tak hanya menjual aneka hidangan lezat, Pancious juga memiliki tempat dine in yang nyaman. Meski berada di dalam pusat perbelanjaan, Anda tetap akan mendapatkan ketenangan dan kepuasan tersendiri saat bersantap, baik bersama keluarga, teman-teman, atau pasangan. Desain restorannya sederhana, tetapi tetap mampu menampilkan kesan mewah dengan pilihan furnitur di dalamnya.

Turkuaz Restaurant
Tak perlu keliling dunia untuk bisa mencicipi enaknya kuliner khas masing-masing negara, karena di Jakarta, semua jenis kuliner ala internasional bisa Anda temukan. Berbagai restoran dengan menu khas Jepang, Korea, Oriental, Italia, semua ada di ibu kota. Tak ketinggalan juga restoran dengan menu masakan rumahan dan hidangan khas Indonesia.

Nah, tempat kuliner enak di Jakarta terakhir yang direkomendasikan untuk Anda adalah Turkuaz Restaurant. Dari namanya, pasti sudah bisa terbayang di pikiran menu apa yang akan Anda jumpai di sini. Ya, benar sekali, masakan ala Turki dan Timur Tengah. Restoran ini berada di kawasan Senopati, tepatnya di Jalan Gunawarman No. 32, Jakarta Selatan.

Lalu, menu terbaik apa yang harus Anda cicipi di tempat ini? Semua menu tentu saja memiliki rasa yang lezat, tetapi Turkuaz Restaurant begitu terkenal dengan menu daging dombanya. Pasalnya, selain rasanya yang begitu enak, para koki yang andal begitu piawai dalam mengolah daging domba pilihan, sehingga Anda tidak akan terganggu dengan bau prengus saat menyantapnya. Namun, jangan lupa juga mencoba aneka desert es krim dan menu baklava-nya.

Pengalaman bersantap Anda akan semakin sempurna dengan desain bergaya old Turkish yang dianut oleh Turkuaz Restaurant. Dijamin, Anda akan seperti sedang bersantap di Turki. Tak heran, karena perabotan dan ornamen yang dipilih memang bergaya Turki dan Mediterania yang begitu kentara. Alunan musik yang juga bertema Timur Tengah akan menemani waktu Anda bersantap dan berbincang bersama keluarga.

Itu tadi 10 tempat kuliner enak di Jakarta yang bisa Anda coba saat berkeliling sembari menikmati kemewahan khas ibu kota. Menemukan kuliner nikmat dengan suasana yang unik kini tak sulit, karena sudah ada berbagai aplikasi traveling yang akan membantu Anda menemukan semua tempat makan enak di mana pun berada. Salah satunya adalah Traveloka yang menawarkan fitur terbaru dalam aplikasinya yang bertajuk Traveloka Eats.

Fitur Traveloka Eats akan menampilkan segala informasi mengenai tempat kuliner di setiap daerah yang Anda cari. Di sini, Anda juga bisa melihat ulasan dari pengguna lain mengenai tempat tersebut. Lokasinya pun detail, jadi Anda tak akan kesulitan untuk menemukannya.

Manfaat lain yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan fitur Traveloka Eats dari Traveloka adalah tersedianya beragam voucher dan promo menarik. Kupon ini bisa Anda gunakan untuk menikmati kelezatan kuliner di restoran tertentu di seluruh Tanah Air. Dengan demikian, mencari tempat kuliner enak di Jakarta bukan lagi menjadi hal yang sulit. Selamat berwisata kuliner!

Loading...