Home Info Kesehatan Cara Mengetahui Kandungan Nutrisi Mie Instan

Cara Mengetahui Kandungan Nutrisi Mie Instan

26
0

Cara-Mengetahui-Kandungan-Nutrisi-Mie-Instan

Kabarmaya.co.idMie instan menjadi makanan yang dikemas sedemikian rupa sehingga menarik minat konsumennya. Mie instan juga menjadi makanan favorit berbagai kalangan, terlebih untuk kalangan yang tidak sempat memasak. Mie instan juga hadir dalam berbagai bentuk dan merk, namun sayangnya mie instan cenderung rendah kalori, rendah protein, rendah lemak, tinggi lemak, tinggi karbohidrat, dan tinggi mikronutrient.

Meski sangat populer, mie instan juga menimbulkan banyak kontroversi di kalangan masyarakat luas. Yaitu tentang penggunaan MSG atau yang sering disebut mecin dalam jumlah tinggi di setiap bungkusnya. Untuk penyedap rasa sendiri, biasanya mie instan menyatukan dalam bumbu yang terdiri dari garam hingga MSG. Tidak ketinggalan, mie instan juga dilengkapi dengan minyak sawit.

Jika berbicara nutrisi dalam mie instan, kandungan nutrisi tiap-tiap merk mie instan berbeda-beda. Namun mayoritas merk mie instan tidak jauh dari takaran bahan dan nutrisi sebagai berikut:

  • 219 kalori yang mengandung 14% lemak, 73% karbohidrat, dan 13% protein
  • 3,3 gram total lemak
  • 40,02 gram karbohidrat
  • 7,22 gram protein
  • 46mg kolesterol
  • 378mg sodium
  • Vitamin A 1%
  • Kalsium 2%
  • Zat besi 13%

Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa mie instan mengandung kalori yang normal sehingga tidak memicu berat badan bertambah jika dikonsumsi. Namun kembali lagi bahwa yang berlebihan tidak akan pernah menjadi baik, perlu ada batasan pengkonsumsian mie instan. Mengkonsumsi mie instan terlalu banyak justru akan membuat turun banyak berat badan karena kandungan protein dan serat rendah.

Tentang apakah mie instan mempengaruhi kualitas diet, jawabannya adalah iya. Karena terlalu banyak mengkonsumsi mie instan akan meningkatkan asupan kalori dan sodium sehingga akan memicu timbulnya penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Jika mempunyai makanan lain yang bisa disantap, disarankan untuk menghindari pengkonsumsian mie instan secara berlebih.

Banyak orang yang mengkonsumsi mie instan bersama dengan nasi, keduanya adalah jenis karbohidrat sehingga paduan makanan ini sangat tidak disarankan karena dapat meningkatkan resiko diabetes. Diabetes mellitus yang berkelanjutan juga dapat mengganggu kinerja pankreas yang memproduksi hormon insulin.

Loading...