Home Informasi Travel Tips Berburu Sunrise Di Bromo

Tips Berburu Sunrise Di Bromo

33
0
Tips-Berburu-Sunrise-Di-Bromo
sumber gambar: Smartmama

Kabarmaya.co.idBerwisata ke Gunung Bromo tak lengkap rasanya jika tak menyempatkan untuk berburu sunrise. Tak sedikit wisatawan dari berbagai daerah yang rela bangun dini hari untuk bisa menemukan spot yang paling tepat buat menikmati syahdunya suasana pagi gunung yang ada Jawa Timur ini.

Bagi para wisatawan yang berkeinginan untuk berburu sunrise Gunung Bromo, sebelum memulai perjalanan ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal. Dikutip dari detikTravel, Jumat (25/5/2018), berikut tips berburu sunrise Gunung Bromo:

  1. Tentukan Jadwal Perjalanan

Musim kemarau, sekitar bulan Juli hingga September, merupakan waktu terbaik untuk menikmati sunrise Bromo. Jika berburu sunrise di bulan-bulan tersebut, wisatawan tak perlu khawatir matahari terbit akan terhalang oleh kabut. Sudah barang tentu jika Anda datang saat hujan turun, maka sunrise tak terlihat secara maksimal.

Sebelum berangkat, wisatawan yang ingin berkunjung ke Bromo sebaiknya sudah memesan homestay dan juga jeep jauh-jauh hari. Jeep merupakan kendaraan yang paling tepat digunakan untuk perjalanan menuju view point sunrise Bromo, karena tak sembarangan kendaraan mampu melewati lautan pasir gunung tersebut. Namu  jika ingin mendapatkan sensai yang berbeda, Anda bisa menuju point view dengan berjalan kaki atau tracking.

  1. Spot Terbaik Melihat Sunnrise

Penanjakan 1 merupakan salah satu spot favorit bagi wisatawan yang ingin menikmati sunrise Bromo. Penanjakan 1 ada di wilayah Kabupaten Pasuruan dengan ketinggian 2.770 mdpl. Dari spot ini, wisatawan bisa melihat Gunung Bromo dengan sangat jelas. Selain itu, ada bonus Gunung Semeru di kejauhan.

Selain penanjakan 1, wisatawan juga bisa melihat sunrise dan keindahan Gunung bromo dari spot lain. Spot yang memberikan view tak kalah indah tersebut adalah Bukit Cinta dan Bukit Kingkong. Setelah melihat sunrise, wisatawan masih bisa menikmati keindahan berlatar Gunung bromo dari view point tersebut.

  1. Bangun Lebih Pagi

Bangun lebih pagi merupakan suatu keharusan bagi wisatawan yang ingin menikmati sunrise Bromo. Wisatawan sebaiknya sudah sampai di penanjakan 1 paling tidak pukul 03.30 atau 04.00 WIB. Terlebih jika datang di akhir pekan, karena biasanya spot tersebut akan ramain ‘dijajah’ orang. Oleh karena itu, wisatawan bisa menyesuaikan keberangkatan dari penginapannya masing-masing. Jika wisatawan tersebut menginap di daerah Tosari, Kabupaten Pasuruan, bisa berangkat sekitar pukul 02.30 atau 03.00 WIB, karena perjalanan dari penginapan ke Penanjakan 1 membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Sedangkan wisatawan yang menginap atau harus berangkat dari Malang, tentu harus berangkat lebih awal lagi karena jaraknya yang lebih jauh. Wisatawan dari Malang bisa berangkat mulai pukul 00.00 WIB malam atau lebih awal lagi.

  1. Pilih Pakaian yang Tepat

Seperti gunung kebanyakan, suhu dingin khas pegunungan juga berlaku di Bromo. Oleh karena itu, wisatawan sebaiknya menggunakan atau mengenakan pakaian hangat. Jaket tebal, kupluk, kaos kaki serta sarung tangan akan membantu wisatawan menepis hawa dingin Bromo. Jika perlu, wisatawan juga bisa menggunakan sepatu tracking untuk kenyamanan saat melakukan perjalanan.

  1. Bawa Uang Cash

Karena cukup sulit menemukan ATM di sekitar Bromo, ada baiknya wisatawan menyiapkan uang cash secukupnya. Uang tersebut bisa digunakan untuk keperluan selama ada di kawasan wisata seperti membayar tiket masuk, membeli snack pengganjal lapar saat pagi, atau membeli minuman hangat. Di sekitar Penanjakan 1, bisa dijumpai banyak warung yang menjajakan minuman hangat serta jajanan.

Bromo merupakan salah satu Gunung di Jawa Timur yang sudah diakui keindahannya. Banyak wisatawan luar pulau yang datang ke wisata suku Tengger ini. Selain wisatawan domestik, di Bromo juga sering ditemui turis asing yang berlibur di wilayah ini baik ke Bromo maupun ke Semeru.

Loading...