Home Info Kesehatan Jangan Dipecah! Begini Cara Penanganan Bisul Di Kulit

Jangan Dipecah! Begini Cara Penanganan Bisul Di Kulit

61
0

Jangan-Dipecah!-Begini-Cara-Penanganan-Bisul-Di-Kulit

Kabarmaya.co.idBisul sering menjadi pengganggu penampilan serta percaya diri seseorang, terutama jika muncul di wajah. Walau tak berbahaya, nyeri yang ditimbulkan juga bisa mengganggu aktivitas. Apalagi jika muncul di paha, ketiak atau bokong, rasanya pasti tidak nyaman. Penyebab dari timbulnya bisul ini yaitu infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang masuk ke folikel rambut akibat terjadinya luka.

Oleh karena itu meski terlihat sepele, bisul tetap saja harus ditangani secara benar. Pakar menyarankan tak memecahkan bisul yang berisi nanah secara sembarangan. Dikutip dari WebMD, Jumat (25/5/2018), berikut merupakan panduan penanganan bisul tanpa harus memecahnya:

  1. Tunggu Hingga Pecah Sendiri

Kebanyakan, bisul bisa sembuh sendiri tanpa adanya penanganan dari dokter. Penderitanya juga tak perlu memencet atau menusuknya dengan peniti. Kegiatan tersebut justru bisa menyebabkan terjadinya luka hingga infeksi.

  1. Kompres dengan Air Hangat

Agar bisul bisa pecah lebih cepat, penderita bisa mengkompreskan air hangat pada bagian yang bengkak. Pengompresan tersebut berguna untuk mengumpulkan nanah di puncak bisul, sekaligus juga bisa mengurangi rasa nyeri yang penderita rasakan.

  1. Bersihkan dengan Alkohol

Jika bisul sudah berhasil pecah, gunakan kain kasa ditambah alkohol untuk membersihkan nanah seta cairan yang keluar. Kemudian tutup luka bisul yang pecah tadi untuk menghindari infeksi lanjutan.

  1. Jangan Sentuh Bisul dengan Tangan

Hindari menyentuh bisul baik yang sudah atau yang belum pecah dengan menggunakan tanagn tanpa mencucinya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar bisul tak membesar akibat infeksi dan kotoran yang berasal dari tangan.

  1. Waktu Tepat untuk Ke Dokter

Meminum obat pereda sakit (analgesik) bisa dilakukan apabila bisul menimbulakn rasa nyeri yang berlebih. Namu jika bisul sudah bertambah besar dan mulai mengganggu keseharian, segera pergi ke dokter guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Waspadalah jika bisul lama tidak sembuh-sembu. Bisul yang terus tumbuh dalam waktu yang lama bisa jadi adalah tanda-tanda penyakit yang lebih serius. Konsultasikan dengan dokter kulit jika bisul tidak kunjung sembuh.

Loading...