Home Informasi Teknologi Flash Sale Hingga 99 Persen, Server Tokopedia Down Tak Bisa Diakses

Flash Sale Hingga 99 Persen, Server Tokopedia Down Tak Bisa Diakses

40
0

Flash-Sale-Membludag,-Server-Tokopedia-Down

Kabarmaya.co.idPada Jumat siang (25/5/2018), salah satu situs jual beli Tanah Air sedang mengadakan flash sale. Tokopedia merupakan situs e-commerce yang sering diserbu pelanggannya karena sering menyediakan flash sale. Sayangnya saat flash sale dibuka, server Tokopedia mengalami down sehingga pelangan tidak bisa mengakses dengan lancar. Meski aplikasi masih bisa dibuka, namun situs web Tokopedia tidak bisa diakses.

Dikutip dari Liputan6.com, flash sale Tokopedia pada tanggal tersebut menawarkan banyak diskon dan prmosi yang menggiurkan. Bahkan ada barang yang turun harga hingga 99% seperti Toyota New yaris, iPhone X, Yamaha Mio, Samsung 32 inch LED TV, hingga Samsung J2 Pro. Sayangnya pengguna aplikasi Tokopedia mengeluh karena toko tidak bisa diakses ke laman flash sale.

Alih-alih bisa masuk, server down membuat pengakses terus kembali ke lama transaksi. Ada tulisan ‘Terjadi kesalahan koneksi, silahkan coba lagi’ yang berarti menunjukkan server yang sedang down. Saat dikonfirmasi ke Tokopedia, pihak terkait belum memberikan terkait hal ini.

Sebagai informasi, Tokopedia sendiri sudah mendapatkan suntikan dana dari Alibaba sebesar 1,1 miliar US dolar atau setara dengan Rp 14,7 triliun. Investasi dana dari e-commerce terbesar di Asia tersebut pernah diungkapkan langsung oleh CEO Tokopedia, Wiliam Tanuwijaya, yang mengatakan bahwa dana tersebut merupakan investasi murni dan bukanlah akuisisi.

“Pemodalan lebih dari Rp 14 triliun akan dipimpin oleh Alibaba Group. Mereka juga akan menjadi pemegang saham minoritas kami,” kata William di ulang tahun ke-8 Tokopedia.

“Kami selalu menganggap bahwa Alibaba merupakan guru dan role model bagi kami. Karenanya, hari ini kami menyambut baik Alibaba sebagai salah satu pemegang saham di Tokopedia dan kami percaya bahwa kemitraan ini akan mempercepat terwujudnya misi kami dalam menggerakkan pemerataan ekonomi secara digital,” tambahnya.

“Alibaba Group dan Tokopedia memiliki kesamaan visi dalam membantu UMKM dalam kesuksesan usahanya dan kami sangat senang dapat bekerja sama bersama Tokopedia untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia,” jelas CEO Alibaba, Daniel Zhang.

Alibaba sendiri sudah menanamkan investasi ke Lazada sebelum ke Tokopedia. Lazada sendiri merupakan situs e-commerce yang tidak bisa diremehkan lagi di Indonesia. Sama dengan Lazada, Tokopedia juga sangat berpengaruh di Tanah Air dan masuk ke dalam daftar unicorn startup di Asia Tenggara. Tokopedia pernah mendapat investasi besar dari Softbank Japan dan Sequoia Capital dengan nilan Rp 1,3 triliun yang berakhir pada 2014. Sementara Alibaba sendiri adalah situs jual beli asal Tiongkok yang sudah terkenal kiprahnya di dunia e-commerce.

Loading...