Home Info Kesehatan Awas Tertipu! Ini Cara Bedakan Kurma yang Manis Asli Dan Manis Buatan

Awas Tertipu! Ini Cara Bedakan Kurma yang Manis Asli Dan Manis Buatan

23
0

Awas-Tertipu!-Ini-Cara-Bedakan-Kurma-yang-Manis-Asli-Dengan-Manis-Buatan

Kabarmaya.co.idSaat bulan ramadhan datang, tak sedikit orang yang memburu buah kurma untuk melengkapi menu buka puasa. Namun perlu hati-hati, karena Anda harus jeli saat membeli kurma. Jangan sampai salah ambil, karena bisa jadi krma yang Anda beli merupakan kurma dengan rasa manis buatan.

Dikutip dari KompasTravel, Kamis (31/5/2018), berikut cara membedakan kurma yang memiliki rasa manis asli dan buatan:

  1. Rasa manis yang berlebihan

Kurma yang memiliki rasa manis berlebihan biasanya merupakan kurma dengan rasa manis buatan yaitu manis yang terasa berasal dari gula. Rasa manis yang berlebih ini terkadang bisa menimbulkan rasa ngilu di gigi. Seorang pedangan kurma pernah mengatakan bahwa memang ada kurma madu mesir yang juga manis sampai ngilu di gigi, tapi rasanya stabil, tiap kurmanya sama manisnya merata. Berbeda dengan manis buatan yang manisnya tidak rata.

  1. Dikerubuti semut

Salah satu cara untuk membedakan kurma yang memiliki manis alami dan buatan yaitu dengan melihat adakah semut yang mengkerubutinya atau tidak. Jika dikerubuti semut, maka kurma tersebut bisa dipastikan mengamdung manis buatan.

  1. Manis di dalam, bukan di luar

Kurma yang memiliki manis asli, lapisan luar atau selaput kurmanya takterasa manis. Berbeda dengan kurma yang manis buatan, kulit luar akan terasa manis. Hal ini terjadi karena kulit kurma tersebut sudah terkena glukosa tambahan.

Meski kurma dikenal sebagai buah yang tumbuh di Arab Saudi, namun kini di Indonesia sendiri sudah banyak ditemukan terutama di bulan ramadhan. Perhatikan saat membeli apapun termasuk kurma, jangan sampai memakan kurma manis buatan yang justru akan membuat badan tidak sehat karena gula berlebih.

Loading...