Home Informasi Travel Lain Daerah Lain Kuah, Berikut Jenis Soto Dari Berbagai Daerah Di Indonesia

Lain Daerah Lain Kuah, Berikut Jenis Soto Dari Berbagai Daerah Di Indonesia

28
0
Lain-Daerah-Lain-Kuah,-Berikut-Jenis-Soto-Dari-Berbagai-Daerah-Di-Indonesia
Soto Madura (sumber gambar: Vebma.com)

Kabarmaya.co.idIndonesia memiliki kekayaan alam serta sumberdaya manusia yang begitu melimpah. Salah satu yang mungkin tak banyak dimiliki oleh Negara lain yaitu kekayaan kulinernya. Hampir setiap daerah memiliki makanan khas. Uniknya, ada satu makanan yang di beberapa daerah memilikinya namun masing-masing daerah memiliki kekhasan tersendiri. Makanan tersebut ialah soto.

Soto merupakan makanan berkuah dengan berbagai isian serta taburan bawang goreng atau mungkin juga daun bawang. Selain isiannya, kuah dari masing-masing soto di setiap daerah tersebut juga memiliki perbedaan. Yuk mari simak ulasan tentang jenis-jenis soto yang ada di berbagai daerah di Indonesia!

  1. Soto Madura

Soto khas Madura memiliki kuah yang keruh namun tak bersantan. Kuah yang keruh tersebut berasal dari bumbu kemirinya. Ada ayam yang disuir, tauge, ketang rebus yang diiris tipis sebagai isian. Untuk menambah cita rasa, soto madura biasanya ditambah dengan bawang putih dan bawang merah goreng serta tak lupa perasan jeruk nipis.

  1. Soto Bandung

Berbeda dengan soto Madura yang berkuah keruh, soto Bandung memiliki kuah yang lebih bening. Cara penyajiannya pun juga berbeda, soto Bandung biasanya dilengkapi dengan irisan lobak serta kacang kedelai sebagai taburan. Soto Bandung akan lebih nikmat dalam keadaan pedas.

  1. Soto Branggahan

Kota Kediri ternyata juga memiliki makanan soto yang khas, namanya soto Branggahan. kuah dari Soto Branggahan biasanya kental karena menggunakan santan kelapa. Kuah dari santan kelapa tersebut dipadukan dengan bumbu rempah seperti laos, kemiri, jahe, dan kunyit. Racikan tersebut menghasilkan rasa gurih serta warna kuah yang agak kuning. Sebagai isian, soto Branggahan menggunakan daging ayam kampung yang disuwir dengan taburan daun seledri serta tambahan kecambah. Cara penyajiannya pun cukup unik, yaitu menggunakan mangkuk kecil yang lebih mirip dengan cawan digunakan untuk menyajikannya.

  1. Soto Kudus

Soto Kudus memiliki kuah bening yang disajikan dengan mangkuk berukuran kecil. Isian dari soto khas Kudus ini terdiri dari daging ayam, kecambah dan biasanya diberi taburan bawang putih goreng sehingga rasanya semakin gurih.

  1. Soto Tauco Pekalongan

Pekalongan juga memiliki soto yang memiliki ciri khasnya sendiri. Soto Tauco biasanya hadir dengan tambahan bihun, potongan kol, serta tauge yang kuahnya diberi bumbu tauco. Bumbu tauco tersebut bisa dituangkan secara terpisah atau dicampurkan secara langsung ke kuah hangatnya. Sebagai varian, soto ini tersaji dengan daginga ayam atau daging sapi. Kuah ayam isinya hanya kaldu, sedangkan daging sapi dicampur tauco. Akan tetapi, keduanya sama-sama diberi bumbu tauco sejak awal.

  1. Soto Lamongan

Soto Lamongan biasanya hadir dengan taburan koya dan daging ayam kampung yang irisannya menyamping agar tak hancur. Kuah dari soto ini berwarna kuning karena salah satu bahan pembuatannya menggunakan kunyit. Penyajiannya ditambah dengan kol serta daun bawang namun tak menggunakan tomat.

  1. Soto Medan

Kuah dari soto Medan biasanya berwarna kuning kehijau-hijauan karena prosesnya yang menggunakan santan serta rempah. Perbedaan paling menonjol antara soto Medan dengan soto lainnya yaitu penggunaan jinten pada bumbu sotonya. Soto yang memiliki cita rasa gurih ini bisa disajikan dengan menggunakan daging ayam maupun daging sapi.

  1. Sroto Sokaraja

Sroto merupakan sebutan bagi soto di Banyumas. Kuah dari storo Sukaraja ini cenderung berwarna kuning dan bening, karena dalam pembuatannya memang tak menggunakan santan. Sroto ini juga emiliki ciri khas dalam penyajiannya, dimana dicampur dengan kerupuk berwarna merah yang kemudian ditambah dengan tauge pendek yang masih ada kulit kacang hijaunya. Sroto Sokaraja biasanya juga disantap dengan tambahan sambal kacang.

Itulah delapan jenis soto yang berasal dari delapan daerah yang berbeda. Masing-masing memiliki keunikan serta ciri khasnya sendiri. Soto mana yang menjadi fovorit Anda?

Loading...