Home Informasi Travel Tips Travelling Nyaaman Saat Puasa Ramadhan

Tips Travelling Nyaaman Saat Puasa Ramadhan

24
0

Puasa-Sambil-Travelling,-Mengapa-Tidak

Kabarmaya.co.idPuasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat muslim di seluruh dunia. Saat berpuasa, orang yang menjalankannya harus menahan lapar serta haus dan hanya bisa makan minum pada waktu yang diperbolehkan. Akan tetapi, ibadah puasa juga bukan sebuah halangan untuk berkegiatan serta bepergian. Pada dasarnya, liburan merupakan kegiatan yang bisa dilakukan kapan saja untuk menyegarkan hati dan otak. Hal ini juga yang bisa dilakukan saat bulan Ramadhan tiba.

Dilansir dari TripZilla, berikut beberapa tips yang harus diperhatikan selama bepergian terutama di bulan Ramadhan:

  1. Susun jadwal perjalanan dengan bijak

Sebelum memulai perjalanan, sebaiknya atur agenda perjalanan dengan mempertimbangkan kondisi bulan puasa ini. Jika Anda memanfaatkan transformasi umum, pilih tiket pemberangkatan yang sesuai dengan waktu sahur dan buka agar tak berbenturan. Akan tetapi jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, waktu keberangkatan lebih bisa disesuaikan. Sebisa mungkin hindari bepergian menjelang berbuka puasa, karena kepadatan lalu lintas kemungkinan besar akan terjadi. Jika terpaksa hal tersebut harus dilakukan, maka air mineral serta beberapa makanan kecil wajib Anda bawa.

  1. Pastikan ada tempat beribadah di lokasi tujuan

Mengestimasi lama perjalanan juga penting untuk dilakukan. Pasalnya bagi umat muslim yang brpuasa, ada ibadah lima waktu yang juga wajib Anda kerjakan. Untuk mempermudah beribadah, Anda harus memastikan jika di lokasi yang akan Anda kunjungi memiliki masjid, mushola atau setidaknya tempat yang bisa digunakan untuk beribadah.

  1. Bersiap untuk hal tak terduga

Hal-hal diluar rencana bisa saja terjadi saat melakukan sebuah perjalanan. Misalnya saja penundaan keberangkatan, perubahan agenda, terjadi kemacetan, sakit, dan lain sebagainya. Merespon semua itu, mempersiapkan beberapa hal seperti makanan kecil, air mineral serta obat-obatan pribadi menjadi perlu untuk dilakukan. Meski kenyataannya Anda ada di dalam keadaan yang fit saat akan berangkat.

  1. Makan sahur dan buka

Guna memenuhi kebutuhan nutrisi, pastikan Anda makan sahur dan juga berbuka yang cukup. Jika tempat tujuan Anda didominasi oleh penduduk non-muslim, maka ada baiknya untuk mencari tahu tentang makanan yang halal dan aman untuk dikonsumsi. Hal yang penting lagi yaitu, jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin agar tubuh Anda tetap prima saat bepergian.

Puasa bukan merupakan halangan untuk melakukan perjalanan jauh termasuk berlibur. Berlibur bisa juga digunakan untuk ngabuburit atau menghabiskan waktu untuk menunggu waktu berbuka. Tentu saja momen ngabuburit seperti ini akan sangat menyenangkan dan mengusir kebosanan.

Loading...