Home Info Kesehatan Cara Membaca Informasi Gizi Pada Produk Kemasan, Jangan Sampai Salah!

Cara Membaca Informasi Gizi Pada Produk Kemasan, Jangan Sampai Salah!

22
0

Cara-Membaca-Informasi-Gizi-Pada-Produk-Kemasan,-Jangan-Sampai-Salah!

Kabarmaya.co.idBanyak sekali makanan yang dijual secara instan. Meski demikian, makanan instan pasti mempunyai nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Sebenarnya tanpa membuka isinya, pembeli harusnya sudah tahu informasi gizi yang terdapat pada makanan yang dibeli tersebut. Caranya adalah dengan membaca informasi gizi yang baisanya terletak di bagian belakang atau samping kemasan.

Bukan hanya sekedar hiasan, informasi gizi tersebut agaknya penting bagi orang yang akan menyantap makanan tersebut. Dengan melihat informasi gizi, hal ini akan sangat bermanfaat bagi orang yang sedang dalam program menaikkan ataupun juga menurunkan berat badan. Orang dengan penyakit tertentu juga perlu mengetahui informasi gizi pada kemasan agar tidak salah makan.

Dalam label gizi yang tertera pada kemasan, akan ada tulisan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang merupakan angka rata-rata kecukupan gizi setiap hari bagi semua orang menurut golongan umur, jenis kelamin, aktivitas tubuh, dan kondisi fisiologis khusus untuk mencapai kesehatan yang optimal.

Meski sangat penting, tidak semua kemasan makanan mencantumkan label demikian. Pencantuman nilai gizi diwajibkan pada produk makanan yang memuat keterangan tertentu seperti produk makanan yang memberikan penyataan mengandung vitamin, mineral, dan atau zat gizi lainnya. Ada pula yang wajib disertakan nilai gizi adalah produk makanan yang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di bidang mutu dan gizi pangan.

Cara membaca dan memahami informasi gizi pada kemasan sebenarnya cukup mudah. Yaitu dengan melihat takaran saji, jumlah kalori, dan presentase AKG. Perhatikan ulasan berikut ini:

  • Takaran saji

Informasi tentang takaran saji adalah jumlah produk makanan yang umumnya dikonsumsi dalam satu kali makan, dinyatakan dalam ukuran rumah tangga yang sesuai untuk produk pangan tersebut. Ukuran rumah tangga meliputi antara lain sendok the, sendok makan, sendok takar, gelas, botol, kaleng, mangkuk/cup, bungkus, sachet, keeping, buah, biji, potong, iris. Penentuan takaran saji pada produk makanan telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).

  • Jumlah kalori

Kalori yang tercantum adalah untuk satu porsi makanan. Kalori dari lemak menunjukkan jumlah kalori dalam lemak pada satu porsi. Produk yang bebas lemak belum tentu bebas kalori.

  • Presentase AKG

Bagian ini menginformasikan tentang bagaimana nutrisi dalam satu porsi makanan berperan dalam total nutrisi yang dibutuhkan sehari. Gunakan informasi ini untuk memilih makanan yang tinggi nutrisi dan mengurangi konsumsi makanan yang rendah nutrisi. Nilai harian berdasarkan pada pola makan dengan 2000 kalori. Namun, kebutuhan nutrisi kemungkinan akan tergantung pada seberapa aktif secara fisik.

Bebicara tentang presentase AKG sendiri, informasi gizi ini merupakan penduan umum untuk membantu menghubungkan nutrisi dalam satu porsi makanan dengan total kebutuhan nutrisi dalam satu hari. Mengetahui AKG dengan baik akan memudahkan pembeli untuk memilih produk yang bergizi rendah atau tinggi. Jika presentase AKG tertulis kurang dari 5% maka kandungan gizinya rendah. Kandungan gizi tinggi berlaku untuk produk dengan presentase AKG 20%.

Loading...