Home Informasi Travel 5 Kuliner Khas Nusantara Ini Cocok Buat Takjil Buka Puasa

5 Kuliner Khas Nusantara Ini Cocok Buat Takjil Buka Puasa

18
0

Berkunjung-Ke-Kota-Solo-Jangan-Lupa-Nikmati-Dawet-Legendaris-Bu-Dermi

Kabarmaya.co.idSudah bukan rahasia lagi jika Indonesia memiliki beragam kuliner nusantara yang sangat khas. Bahkan di berbagai daerah memiliki sejumlah makanan khas yang tentunya menggugah selera. Beberapa diantara kuliner khas nusantara ini rupanya ada juga yang cocok untuk dijadikan takjil saat berbuka puasa nanti. Nah, sambil menanti saatnya berbuka, kita hunting  takjil dari berbagai daerah di Indonesia, yuk!

Es pisang ijo

Es pisang ijo adalah salah satu kuliner asli Makassar yang kini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai pelosok daerah di Indonesia. Kuliner yang satu ini dibuat dari pisang raja yang dilapisi dengan adonan dari tepung beras. Adonan tepung beras ini dicampur dengan perasan daun pandan dan daun suji sehingga menghasilkan warna hijau yang alami. Es pisang ijo umumnya disajikan dengan saus dari santan dan tepung beras, es serut, serta sirup manis.

Es kacang merah

Di daerah Palembang dan Manado, kacang merah diolah menjadi salah satu kuliner nikmat pelepas dahaga bernama es kacang merah. Cara penyajiannya di kedua daerah ini memang agak berbeda. Di Palembang, es kacang merah ini disajikan dengan es serut dan siraman sirup merah atau sirup pandan. Sementara, di Manado, es kacang merahnya disantap bersama campuran susu kental manis putih dan cokelat.

Es dawet ayu

Segelas dawet ayu khas Banjarnegara memang gak boleh dilewatkan sebagai menu takjil berbuka puasa. Apalagi, minuman segar yang satu ini gak cuma ada di Banjarnegara, tapi juga bisa ditemukan di kota-kota lainnya. Rasa dawetnya yang lembut dan kenyal berpadu dengan manisnya gula merah dan santan, mantap banget diteguk ketika berbuka.

Es lidah buaya

Kalau kuliner yang satu ini mudah banget ditemukan di daerah Pontianak. Tapi bukan sembarang lidah buaya bisa dikonsumsi, cuma jenis Aloe vera barbadensis aja yang bisa diolah menjadi bahan pangan. Bentuk olahan dari lidah buaya ini sekilas mirip dengan nata de coco bahkan rasanya juga tak kalah nikmat.

Es pleret

Bila kamu kebetulan sedang berada di Blitar, jangan terlewat untuk ngabuburit sembari berburu es pleret. Sekilas, es pleret ini sama aja dengan es tradisional lainnya, yaitu menggunakan kuah santan serta gula Jawa yang menyegarkan. Bedanya adalah di pleretnya yang berbahan dasar tepung beras yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan yang menggoda. Es pleret ini cuma ada di Blitar, jadi jangan lupa mencicipinya saat ke sana.

Berbuka dengan yang manis adalah anjuran baik dalam agama maupun medis. Puasa seharian membuat badan lemas karena menahan makan dan minum hampir seharian. Mengkonsumsi sesuatu yang mengandung gula dan segar akan membangkitkan kembali energi tubuh yang tersita karena tidak mendapatkan nutrisi seharian.

Loading...