Home Info Kesehatan Makanan Tidak Sehat Pemicu Kanker Anda Makan Setiap Hari!

Makanan Tidak Sehat Pemicu Kanker Anda Makan Setiap Hari!

1042
0

Makanan-Tidak-Sehat-Pemicu-Kanker-Anda-Makan-Setiap-Hari

Kabarmaya.com – Kanker merupakan penyakit berbahaya yang paling ditakuti oleh semua umat manusia. Meski dapat disembuhkan dan diterapi, namun alangkah baiknya jika penyakit itu dicegah terlebih dahulu dari pada diobati.

Sebenarnya timbulnya kanker berasal dari kebiasaan manusia itu sendiri. Pola hidup yang tidak sehat adalah faktor yang paling memicu timbulnya sel kanker. Seperti yang biasa didengar, bahwa penyebab kanker adalah zat karsinogenik yang bersemayam di dalam tubuh.

Zat karsinogenik banyak ditemukan di dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Seperti dihipnotis saja, biasanya makanan tersebut tidak diketahui mengandung zat berbahaya karena tertutup dengan kata ‘enak’.

Ada banyak makanan yang mengandung zat pemicu kanker yang sering dikonsumsi manusia. Beberapa diantaranya sering dijumpai dan menjadi primadona di setiap hidangan.

1.    Tepung Terigu
Bahan pengganti karbohidrat selain nasi seperti roti dan mie merupakan salah satu bahan makanan yang dapat meningkatkan berat badan. Selain itu kelebihan mengkonsumsinya dapat menimbulkan peningkatan kadar gula yang signifikan, hal itulah kemudian memudahkan sel kanker untuk berkembang di dalam tubuh. Dalam jurnal Epidemiology dikatakan bahwa  mengkonsumsikarbohidrat olahan seperti tepung terigu meningkatkan risiko kanker payudara.

2.    Daging Olahan
Daging merupakan makanan mewah yang selalu dicari oleh setiap orang. Bahkan kini banyak daging yang dijual dengan waktu yang lama. Dari situ dapat disimpulkan bahwa daging tersebut sudah jelas mengandung bahan pengawet. Misalnyanya saja kornet, sosis, dendeng, dan masih banyak lagi. Meskipun berjudul daging, namun kandungan gizi dalam daging olahan tersebut sangat sedikit, bahkan bisa dikatakan jauh dari kata sehat. Makanan seperti ini mengandung natrium nitrat dan natrium nitrit yang merupakan zat pemicu kanker, khususnya kanker usus besar.

3.    Soda
Penggila soda atau minuman berkarbonasi bukanlah hal yang patut untuk dicontoh. Sebab di dalam minuman tersebut terdapat zat gula yang berlebih, pengawet, serta zat pewarna yang dapat memicu timbulnya sel kanker di dalam tubuh.

4.    Makanan dalam kemasan
Makanan dalam kemasan sering dijumpai dalam bentuk snack yang bisa dibawa kemanapun. Sifatnya yang praktis sekaligus murah akan menarik perhatian semua orang untuk mengkonsumsinya. Padahal di dalam makanan seperti itu terdapat kandungan MSG yang dapat menyebabkan tubuh gemuk dan memicu berbagai jenis penyakit, khususnya kanker.

5.    Keripik dan kerupuk
Tidak sedap jika tidak ditemani dengan kerupuk, semboyan itulah yang biasa di dengar di kalangan orang-orang pencinta kerupuk. Namun di dalam makanan seperti keripik dan kerupuk tidak terdapat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, melainkan bersemayam zat karsinogenik yang memicu timbulnya kanker akibat perlakuan penggorengan pada makanan tersebut.

Loading...