Home Informasi Fashion Terbaru Beda Arti Posisi Jam Tangan Di Tangan Kanan Dan Kiri Dilihat Dari...

Beda Arti Posisi Jam Tangan Di Tangan Kanan Dan Kiri Dilihat Dari Kebiasaan Nabi

19
0

Kabarmaya.co.idSoal fashion tentunya saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan yang amat mendasar bagi banyak kalangan. Tak hanya wanita, kini para pria juga banyak yang memperhatikan penampilan mereka. Dan salah satu aksesoris yang sering digunakan baik oleh pria maupun wanita untuk menunjang penampilan mereka adalah jam tangan. Namun sering kali kita menjumpai perbedaan penggunaan jam tangan ini.

Biasanya bisa ditemukan mereka yang cenderung menyukai menggunakan jam tangan di tangan kanan, namun ada juga yang sebagian lebih memilih menggunakan jam tangan di tangan kiri.  Pada umumnya, gerakan tangan kanan lebih banyak daripada tangan kiri, sehingga orang-orang pun memakai jam di tangan kirinya supaya lebih leluasa untuk bergerak.

Selain itu, karena tangan kanan sering digunakan untuk beraktivitas sehingga dikhawatirkan jam tangan bisa rusak jika dikenakan di tangan kanan, misalnya terbentur sesuatu. Sehingga orang-orang lebih suka mengenakan jam tangannya di tangan sebelah kiri. Dilihat dari kebiasaan Nabi Muhammad SAW,  beliau menggunakan cincin di tangan kanan dan kadang di tangan kiri pula. Yang paling bagus dalam menyikapi hal ini sebagaimana dikatakan oleh Al Hafizh Ibnu Hajar ketika ia mengatakan.

“Yang tepat, hal ini tergantung tujuan menggunakannya. Jika tujuan menggunakannya adalah untuk penampilan, kanan lebih afdhol. Jika tujuannya untuk memakai sebagaimana cincin, maka yang kiri lebih tepat karena cincin itu seperti suatu ikatan. Dan tujuan ini pun bisa dicapai jika diletakkan di tangan kanan” (Fathul Bari, 10: 327).

Oleh karenanya, jika tujuan menggunakan jam untuk mengenali waktu, maka lebih afdhol di tangan kiri. Jika maksudnya untuk penampilan -sebagaimana maksud seperti ini ditemukan pada banyak wanita, maka afdholnya adalah di tangan kanan.

Loading...