Home Informasi Travel Kurang Terkenal, Deretan Es Tradisional Ini Punya Cita Rasa Juara

Kurang Terkenal, Deretan Es Tradisional Ini Punya Cita Rasa Juara

21
0

Kurang Terkenal, Deretan Es Tradisional Ini Punya Cita Rasa Juara

Kabarmaya.co.idMembicarakan kuliner Nusantara memang tidak akan ada habisnya. Masing-masing daerah punya kulinar khas, salah satunya minuman. Selain es campur, es cendol, es podeng, dan es teler, masih banyak minuman es lain yang rasanya tidak kalah enak tapi sayangnya masih belum diketahui oleh orang banyak. Intip yuk minuman es tradisional Indonesia yang belum banyak dikenal!

Es Dawet Ireng

Jika pada umumnya dawet berwarna hijau, dawet ireng ini berbeda. Sesuai dengan namanya, warna dawet ireng adalah ireng alias hitam. Minuman es dari Purworejo ini disajikan dengan kuah santan dan gula aren. Tidak ketinggalan es batu hancur yang membuatnya makin segar!

Es Goyobod

Es goyobod bisa dibilang es campurnya orang Sunda. Dalam segelas es goyobod memang ada berbagai macam bahan yang dicampur jadi satu. Bahan utamanya adalah saripati kacang hijau yang dibekukan atau lebih dikenal dengan sebutan hunkwe. Hunkwe disajikan bersama potongan roti tawar, pacar cina, tape singkong, dan parutan kelapa kemudian disiram dengan kuah santan dan susu. Segar banget bukan?

Es Selendang Mayang

Es yang satu ini berasal dari tanah Betawi. Dinamakan selendang mayang karena tampilannya seperti selendang yang berlapis-lapis. Semangkuk es selendang mayan terdiri dari adonan tepung mirip agar-agar yang dibuat berlapis dengan warna merah, hijau, dan putih yang disiram dengan air gula, kuah santan, dan tentunya es batu.

Es Gempol Pleret

Mampir ke Solo, jangan lupa mencicipi es gempol pleret. Minuman es ini berisi gempol dan pleret yang disiram kuah santan dan gula merah cair. Gempol yang bulat terbuat dari tepung beras, sementara pleret yang bentuknya seperti kulit berwarna coklat terbuat dari tepung ketan.

Es Serbat Kweni

Di Lampung, ada sajian minuman segar bercita rasa unik, yaitu serbat. Serbat adalah minuman segar hasil racikan yang khas. Berbahan dasar mangga Kuweni yang berdaging dan berserat lebih tebal. Mangga kuweni yang dicacah kasar disiram gula aren cair, beri sedikit air dan bongkahan es untuk menyegarkan sajian. Tidak ketinggalan butiran selasih sebagai topping.

Es Tambring

Minuman es tradisional Indonesia  berikutnya berasal dari Bali, yaitu es tambring. Minuman es ini terbilang unik karena menggunakan putih telur ayam kampung dalam penyajiannya. Putih telur ayam kampung itu dicampurkan dengan air asam dan diberi es batu. Meski menggunakan putih telur, tidak ada rasa amis sedikit pun di minuman es ini.

banyak sekali makanan khas Nusantara yang belum dikenal masyarakat Indonesia sendiri. Contohnya adalah berbagai macam es tradisional di atas. Du bulan puasa seperti sekarang ini, banyak orang berburu es tradisional untuk takjil berbuka puasa.

Loading...