Home Info Kesehatan Stop! Mandi Di 3 Waktu Ini ‘Haram’ Hukumnya

Stop! Mandi Di 3 Waktu Ini ‘Haram’ Hukumnya

11
0

Kabarmaya.co.idSaat sudah lelah melakukan segudang aktivitas seharian tentu saja rasa lelah membuat tubuh kita merasa tidak nyaman. Bagaimana tidak, badan kita yang sudah lengket sehingga membutuhkan air untuk menyegarkan tubuh. Tidak peduli sudah selarut apapun, yang penting tubuh segar dan nyaman jika dibawa istirahat. Sayangnya tak banyak yang mengetahui bahwa mandi di beberapa waktu berikut justru berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kapan saja?

30 menit setelah jam 15.00

Waktu yang tidak diperbolehkan untuk mandi adalah setelah jam 15.00. Lebih tepatnya sih selama 30 menit setelah jam tiga sore, berarti sampai pukul 15.30. Nah, di waktu-waktu ini biasanya orang-orang sering sekali mandi. Alasannya karena telah melakukan aktivitas seharian seperti sekolah ataupun kerja. Hal ini lantaran kondisi darah di jam-jam tersebut sedang dalam keadaan panas. Sehingga mandi pada waktu itu akan mengakibatkan rasa lelah yang berkepanjangan. Kemudian jantung akan berdebar lebih cepat dan dapat membuat kinerjanya menjadi semakin melemah. Jika sudah begitu, risiko kematian mendadak tidak dapat dihindari, apalagi jika tubuh dalam kondisi yang tak stabil.

Pada pukul 18.00 sampai 19.00

Selain di atas, ada waktu lain yang tak dianjurkan untuk mengguyurkan air ke seluruh tubuh. Itu adalah pada jam 18.00 sampai 19.00, alias sehabis maghrib. Pada jam ini juga banyak orang-orang yang mandi karena malas pada sore harinya. Sebenarnya pada pukul 18.00-19.00 ini sangat tidak dianjurkan untuk mandi Sahabat Boombastis. Ini disebabkan tubuh bisa mengalami kaget. Sehingga dapat menyebabkan beberapa organ tubuh terganggu dan dapat mengakibatkan sakit. Nah, mandi pada jam-jam ini juga yang dapat mengundang penyakit paru-paru basah.

Lebih dari pukul 19.00 sampai 24.00

Ada lagi nih jam-jam yang sangat dilarang untuk mengguyukan air segar ke seluruh tubuh. Waktu tersebut adalah pada pukul 19.00 sampai 24.00. Di jam ini juga tak jarang orang mandi. Biasanya karena hawanya memang sedang panas-panasnya. Akan tetapi, mandi di jam-jam tersebut sungguh membahayakan tubuh. Alasannya karena pada saat itu jantung sedang beristirahat. Jika masih nekat mandi, jantung akan mengalami kerusakan. Contohnya saja kinerja jantung akan menjadi lemah daripada sebelumnya. Atau bisa juga peredaran darah yang menuju jantung menjadi lebih lambat. Kalau sudah begitu, risiko terjadinya kematian akan menjadi lebih tinggi lantaran oksigen pada jantung semakin berkurang.

Ternyata mandi bukan hanya identik dengan membersihkan badan dari kotoran setelah beraktivitas, melainkan juga menjadi kunci badan menjadi sehat. Maka dari itu, pilihlah waktu mandi yang tepat agar tubuh bersih dan juga sehat.

Loading...