Home Informasi Travel 7 Kuliner Khas Betawi Ini Sudah Mulai Hilang

7 Kuliner Khas Betawi Ini Sudah Mulai Hilang

16
0
7-Kuliner-Khas-Betawi-Ini-Sudah-Mulai-Hilang
sumber gambar: Resep Cara Masak

Kabarmaya.co.idBeberapa kuliner khas Betawi seharusnya mudah ditemukan di Jakarta. Namun nyatanya, hal itu tak berlaku lagi. Sebab, tak sedikit dari makanan ini yang hanya bisa ditemui di kawasan tertentu atau juga saat ada acara khusus seperti bazar dan juga pekan raya.

“Kalau dari perhitungan saya, sekarang tinggal 20 persen saja makanan Betawi yang masih bisa ditemui. Baik itu kue kering dan basah, atau makanan berat (lauk pauk),” kata Budayawan Betawi, Yahya Adi Saputra dikutip dari KompasTravel, Senin (25/6/2018).

Menurut penuturan Yahya, beberapa jenis makanan yang sering ia temui semasa kecil sudah hampir tak ada lagi yang menjualnya kini. Saat ini, makanan khas betawi tersebut bahkan sulit ditemui di tanah kelahirannya sendiri.

“Makanan ini semua hidup dalam memori, di tengah serbuan gaya hidup yang serba praktis,” ungkap Yahya.

Lantas, kuliner Betawi apa saja yang mulai langka tersebut? Berikut beberapa diantaranya.

  1. Wajik Betawi

Wajik Betawi pada dasarnya hampir mirip dengan wajik Jawa. Yang sedikit membedakan yaitu warnanya yang lebih gelap, karena wajik Betawi didominasi oleh gula aren yang sangat kental.

  1. Kue Geplak

Kue geplak terbuat dari tepung beras dan kelapa. Dalam proses pembuatannya, adonan yang masih panas dipukul-pukul. Dari proses pembuatannya tersebut, kemudian kue ini disebut sebagai ‘geplak’ atau ‘pukul’ dalam Bahasa Betawi. Kue yang biasa digunakan sebagai hantaran saat acara pernikahan ini bisa dimasak dengan cara dikukus atau dibakar.

  1. Kue Sagon

Memiliki bahan dasar yang sama dengan geplak, kue sagon juga terbuat dari tepung beras dan kelapa. Yang membedakan mungkin dalam proses pembuatannya. Kue ini dulunya merupakan menu wajib saat hari raya.

  1. Kue Dongal

Kue dongal terbuat dari tepung beras yang dikukus kemudian diisi dengan gula aren. Kue ini disajikan dengan parutan kelapa tua serta beralaskan daun pisang. Namun sayang, penjual makanan khas betawi ini sudah sulit ditemukan.

  1. Sayur besan

Sayur besan juga masuk dalam kuliner Betawi kuno, karena sekarang sudah sulit menemukan penjualnya. Jika ada, penjual tersebut pasti memasang tarif mahal untuk makanan ini. Sayur besan sendiri merupakan salah satu lauk yang wajib ada di acara pernikahan atau besanan. Sayur ini berisikan terubuk atau telur tebu, kentang, soun, petai, dan ebi. Yang menjadikan kuliner ini mahal adalah terubuk tersebut.

  1. Pecak

Pecak merupakan makanan olahan ikan air tawar yang memiliki cita rasa asam, gurih dengan perpaduan bumbu yang royal. Pecak kebanyakan diolah dengan cara digoreng kemudian ditumis, meski begitu pecak bakar sebenarnya juga terkenal. Hanya saja, sekarang jarang ditemui penjual pecak yang menggunakan teknik bakar ini.

  1. Bubur Ase

Bubur ase atau bubur betawi bisa disantap dengan kuah semur, daging sapi dan juga kentang. Dalam pembuatannya, bubur ini banyak menggunakan rempah. Bubur ase sendiri dinilai sangat kaya akan rasa karena dilengkapi dengan kacang tanah, bawang goreng, daun kucai serta taburan ikan teri goreng.

Makan khas suatu daerah mestinya dilestarikan agar menjadi ciri khas daerah tersebut. Namun di era modern seperti sekarang ini, banyak sekali toko makanan siap saji yang tampaknya sudah menggeser keberadaan makanan tradisional suatu daerah.

Loading...