Home Info Kesehatan 5 Resiko Bahaya Akibat Kebanyakan Tidur

5 Resiko Bahaya Akibat Kebanyakan Tidur

24
0

Tidur-Di-Lantai-Bisa-Paru-Paru-Basah-Mitos-Atau-Fakta

Kabarmaya.co.idCukup tidur sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lamanya durasi tidur pun sebaiknya disesuaikan dengan usia. Karena itu, agar tubuh tetap sehat sebaiknya jangan kurang tidur tetapi terlalu anyak tidur pun tidak baik. Tidur adalah saat ketika tubuh kamu memperbaiki dan memulihkan dirinya sendiri, sehingga kurang atau tidur berlebihan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Para ahli dari National Sleep Foundation menyatakan, seseorang dikatakan cukup tidur jika waktu tidurnya sekitar 7-9 jam sehari. Ini berlaku untuk usia 18 hingga 64 tahun. Bayi, anak-anak, dan kalangan lanjut usia (lansia) memiliki kebutuhan tidur berbeda. Jadi, kurang dari 7 jam dikatakan kurang tidur dan lebih dari 9 jam sudah masuk kategori tidur berlebihan. Diantara beberapa bahaya yang mengintai jika Anda memiliki waktu tidur yang lebih panjang adalah terjadinya diabetes.

Selain itu, resiko lainnya adalah terjadinya obesitas. Tidur terlalu banyak justru akan membuat berat badan Anda bertambah. Berdasarkan suatu penelitian, orang yang tidur selama 9-10 jam perhari memiliki resiko 21% lebih tinggi untuk mengalami obesitas dalam kurun waktu 6 tahun daripada orang yang hanya tidur selama 7-8 jam perhari. Obesitas yang diakibatkan oleh lama tidur ini tetap dapat terjadi walaupun tidak ada perubahan pada jumlah makanan yang Anda konsumsi dan olahraga yang Anda lakukan.

Beberapa resiko lainnya yang juga mengintai Anda yang punya jam tidur lebih panjang adalah nyeri kepala, nyeri punggung, depresi, hingga penyakit jantung. Akan tetapi, saat ini para ahli tidak lagi menghubungkan antara tidur berlebihan dan penyakit jantung. Parahnya ada peneliti yang mempercayai bahwa tidur terlalu lama juga akan membuat seseorang beresiko mengalami kematian meskipun penyebab pastinya tidak diketahui.

Loading...