Home Berita K-Pop Performa Menurun, Artis SM Entertainment Alami Kemerosotan?

Performa Menurun, Artis SM Entertainment Alami Kemerosotan?

22
0
SM-Entertainment-Adakan-Liburan-Masal-EXO-dan-SNSD-Bakal-Bareng-Lagi
SM TOWN

Kabarmaya.co.id – Persaingan bisnis di ranah hiburan Korea Selatan begitu ketat. Di Negeri Ginseng sendiri terkenal dengan 3 perusahaan agensi artis terbesar yaitu SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Namun belakangan ini posisi agensi besar kian mengalami penurunan.

Perusahaan yang didirikan oleh CEO Lee Soo Man ini banyak sekali medebutkan artis populer seperti TVXQ. Super Junior, SNSN, SHINee, f(x), EXO, Red velvet, hingga yang terbaru adalah NCT. Tidak hanya populer di Korea, artis SM juga mengasai pasar seperti Asia Tenggara, Jepang, dan China.

Namun netizen Korea merasa SM Entertainment tidak seperti dulu. Dalam situs Pann, seorang netizen membeberkan beberapa poin mengenai artis besutan SM, termasuk lagu solo Taeyeon yang tidak lagi masuk chart dan popularitas grup SHINee yang sekarang tinggal 4 member kian menurun.

Netizen tersebut juga menyeubut jika NCT tidak pernah menuai kesuksesan semenjak mereka didebutkan. Lagu NCT tidak pernah bertengger di posisi puncak chart musik, apalagi NCT juga kurang populer di Korea dibandingkan dengan beberapa grup rookie yang namanya melejit di awal debut.

Sementara EXO sejak comeback ‘The War’ tahun 2017, netizen menyebut grup SM palilng sukses saat ini tersebut sudah mulai terlihat gagal. Sejalan dengan lagu Red Velvet, Irene cs selalu menuai pro kontra dari performa mereka. Belum lagi Super Junior yang tidak pernah meraih kesuksesan dengan album comeback mereka.

Menanggapi poin-poin yang dibeberkan seorang netizen itu, banyak sekali tanggapan yang diberikan oleh netizen lain. Banyak yang merasa kemerosotan hanya dialami artis SM, namun bukan agensinya. SM sendiri masih menajdi agensi yang mendapatkan penghasilan terbesar di korea Selatan.

“SHINee sudah berusia 11 tahun, kalau mempertimbangkan hal itu mereka masih bisa dibilang sukses. Mereka selalu masuk chart dan mendapatkan trofi di program musik,” komentar seorang netizen.

“Kecuali NCT dan Red Velvet, semua idol yang ada di daftar adalah idol papan atas. Sejak mendebutkan EXO, Lee Soo Man memang terlalu bereksperimen. Kualitas produksi mereka memang bagus, tapi mereka hanya berharap kepada hal itu. Mereka seharusnya mulai mempertimbangkan minat pasar,” papar yang lain.

“Tapi SM tetap baik-baik saja meski faktanya seperti itu,” cetus netizen lain.

Sementara itu belum lama ini, SM kehilangan beberapa artisnya seperti Tiffany, Sooyoung, dan Seohyun yang hengkang dari agensi dan SNSD. Kemudian ada juga Henry Lau yang memutuskan untuk menyudahi kontrak dan keluar dari bagian SM Entertainment.

Loading...