5 Objek Wisata Religi Di ‘Little Asia’ Medan

5-Objek-Wisata-Religi-Di-‘Little-Asia’-Medan-Masjid-Raya-medan
Masjid Raya Medan (sumber gambar: dunia pesantren)

Kabarmaya.co.id – Medan merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki masyarakat dengan latar belakang etnis yang berbeda-beda. Kota ini bahkan mendapatkan julukan ‘Little Asia‘ karena keanekaragaman etnis masyarakat yang dimilikinya tersebut. Keberagaman etnis yang dimiliki kota ini bisa dilihat dari banyaknya objek wisata religi yang bisa Anda kunjungi saat berada di kota Medan. Dari sekian banyak objek wisata religi yang ada di Medan, berikut 5 diantaranya:

  1. Masjid Raya Medan
5-Objek-Wisata-Religi-Di-‘Little-Asia’-Medan-Masjid-Raya-medan
Masjid Raya Medan (sumber gambar: dunia pesantren)

Masjid Raya Medan yang terletak di Jalan Sisingamangaraja ini bernama Masjid Al-Mashun. Masjid ini diprakarsai oleh Sultan Makmun Al-Rasyid pada tahun 1906 silam. Masjid yang bisa menampung hingga 1.500 jamaah ini memiliki perpaduan gaya arsitektur Eropa dan Timur Tengah dengan sedikit sentuhan India Mughal. Dengimans merupakan orang Belanda yang ada di balik desain Masjid Raya Medan ini.

  1. Kuil Shri Mariamman
5-Objek-Wisata-Religi-Di-‘Little-Asia’-Medan-Kuil-Shri-Mariamman
Kuil Shri Mariamman (sumber gambar: Enjoy Medan)

Objek wisata religi yang kedua yaitu Kuil Shri Mariamman yang berlokasi di Jalan Teuku Umar No.18. Selain digunakan sebagai tempat beribadah, pengunjung juga bisa melihat keindahan bangunan yang didesain dengan gaya arsitektur India. Kuil ini dikelilingi oleh tembok yang memiliki tinggi 2,5 meter lengkap dengan ornamen, relief serta berbagai patung lainnya. Di bagian dalam, Anda juga bisa melihat Patung Trimurti yang terdiri dari Patung Dewa Brahma, Patung Dewa Wisnu, dan Patung Dewa Siwa. Kuil Shri Mariamman dibuka untuk umum pada pukul 06.00-12.00 WIB dan akan dibuka kembali pada pukul 16.00-21.00 WIB.

  1. Graha Maria Annai Velangkanni
5-Objek-Wisata-Religi-Di-‘Little-Asia’-Medan-Graha-Maria-Annai-Velangkanni
Graha Maria Annai Velangkanni (sumber gambar: Enjoy Medan)

Graha Maria Annai Velangkanni merupakan gereja katolik yang berlokasi di Jalan Sakura III, Tanjung Selamat, Medan. Gereja yang dibangun pada tahun 2001 ini memiliki konsep bangunan yang cukup unik karena menusung keaslian gaya arsitektur Indo-Mogul. Bila Anda melihatnya secara langsung dan berkeliling, maka akan menemukan pemadangan kuil, candi bahkan kubah masjid dalam satu bangunan. Di gereja ini, pengunjung juga bisa melihat patung yang dibawa langsung dari India. Patung setinggi 2 meter ini merupakan patung dari Annai Velngkanni atau Maria dari Velangkanni beserta putranya.

  1. Vihara Gunung Timur
5-Objek-Wisata-Religi-Di-‘Little-Asia’-Medan-Vihara-Gunung-Timur
Vihara Gunung Timur (sumber gambar: Pariwisata Sumut)

Vihara Gunung Timur berlkasi di Jalan Hang Tuah No.16. Vihara ini memiliki luas total hingga 5.000 meter. Jika Anda berkunjung pada saat-saat tertu misalnya imlek, maka bisa menikmati festival seru dan tentunya sangat fotogenik untuk diabadikan.

  1. Masjid Al-Osmani
5-Objek-Wisata-Religi-Di-‘Little-Asia’-Medan-Masjid-Al-Osmani
Masjid Al-Osmani (sumber gambar: bujangmasjid.blogspot.com)

Masjid ini dibangun oleh Sultan Osman Perkasa Alam pada tahun 1854 yang merupakan Raja Deli yang ke-7. Selain untuk tempat beribadah, masjid ini biasanya juga digunakan sebagai tempat untuk memperingati dan merayakan hari besar keagamaan.

Loading...