Home Info Kesehatan Jangan Dikorek! Ini Cara Aman Membersihkan Kotoran Di Telinga

Jangan Dikorek! Ini Cara Aman Membersihkan Kotoran Di Telinga

27
0

 

Kabarmaya.co.idKotoran telinga yang sudah menumpuk terkadang sulit di bersihkan. Apabila Anda mengabaikannya, dan menumpuk terlalu lama, maka anda berisiko mengalami gangguan pendengaran. Jika biasanya membersihkan telingan menggunakan cottom bud. Sebaiknya anda menghentikannya sekarang, karena bisa menyebabkan gangguan pendengaran atau kerusakan pada saluran dalam telinga. Sebaiknya anda mengeluarkan kotoran telinga dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Minyak zaitun

Membersihkan dengan minyak zaitun merupakan cara paling aman dan bisa mengeluarkan kotoran telinga. Caranya mudah saja, celupkan sepotong kapas ke dalam minyak zaitun hangat, peras untuk kelebihan minyak lalu tempatkan di telingan anda, setelah 15 menit keluarkan kapas. Ulangi cara ini sampai kotoran telinga berkurang.

Baby oil

Sama hanya dengan minyak zaitun, baby oil juga sangat lembut dan sangat baik bagi kulit. Untuk caranya lakukan proses yang sama seperti minyak zaitun.

Air garam

Buatlah larutan air garam dengan menggunakan air suam-suam kuku, setelah selesai miringkan kepala anda kesamping dan teteskan air perlahan-lahan kedalam telinga kemudian kembalikan kepala ke posisi normal. Dan gunakan bola kapas ke telingan anda, ulangi proses untuk telingan yang lain

Air hangat

Setelah mandi cuci telinga anda dengan air hangat untuk membersihkan kotoran telinga dengan mudah.

Minyak kelapa

Tuang minyak kelapa ke dalam sendok, panaskan sendok dengan api lilin. Setelah agak hangat, celupkan kapas bola, hilangkan kelebihan minyak, dan pasang kapas berukuran kecil di telinga Anda. Panas dari minyak kelapa akan merontokkan kotoran telinga.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut dipercaya ampuh untuk bisa mengeluarkan kotoran yang menyumbat di telinga. Selain itu, dengan bahan-bahan alami tersebut Anda juga bisa meminimalisir luka di dalam telinga akibat membersihkan dengan cara dikorek.

Loading...