Home Info Kesehatan Cara Mengatasi Lenting Atau Lepuhan di Kaki Akibat Penggunaan Sepatu

Cara Mengatasi Lenting Atau Lepuhan di Kaki Akibat Penggunaan Sepatu

9
0

Cara Mengatasi Lenting Atau Lepuhan di Kaki Akibat Penggunaan Sepatu

Kabarmaya.co.idOrang yang hobi lari pasti pernah merasakan kakinya lecet akibat timbulnya lenting kaki saat lari pakai sepatu. Lenting atau lepuh ini membuat kaki jadi terasa perih jika bergesekan dengan sepatu. Hal ini biasanya disebabkan oleh gesekan, biasanya antara kulit dan kaus kaki. Kondisi lembab yang tinggi saat memakai sepatu karena lebih sering berkeringat membuat kulit jadi lebih lembut. Hal ini yang kemudian membuat kulit rentan mengalami lecet dan muncul lenting.

Mungkin Anda pernah menemukan kaki Anda lecet setelah memakai sepatu. Lepuhan berbentuk seperti gelembung ini bisa muncul di mana saja di kaki Anda. Paling umum terjadi di daerah yang paling banyak bergesekan seperti jari kaki, tumit, dan dan telapak kaki bagian depan. Namun ada beberapa cara untuk bisa mengatasi permasalahan yang satu ini. Pilihan pertama dalam mengobati lenting kaki adalah membiarkan kaki terbuka dan ‘bernapas’ menghirup udara bebas.

Biasanya, pertama-tama kulit akan pecah dengan sendirinya dan cairan di dalamnya akan keluar. Ini adalah cara yang paling aman untuk menangani lepuhan terutama jika gelembung ini berukuran sebesar kacang polong. Lenting kaki sebesar ini umumnya akan sembuh dalam beberapa hari. Selanjutnya, jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan kaki Anda. Bersihkan kaki dengan sabun dan air. Kemudian bersihkan juga dengan alkohol.

Namun jika Anda memang harus tetap berlari, tutup lepuhan tersebut dengan perban untuk memberikan perlindungan lebih dan supaya tidak bergesekan langsung dengan kaus kaki dan sepatu. Ganti perban Anda setiap hari dan selalu periksa kaki Anda apakah ada tanda infeksi atau tidak, seperti kemerahan, bengkak dan keluar nanah di kaki. Jika Anda ingin memecah lentingan di kaki, sebaiknya Anda berpikir ulang, karena dengan Anda melakukan hal tersebut tanpa pengawasan dokter maka dapat menimbulkan infeksi.

Loading...