Home Info Kesehatan Cara Mengatasi Mual Dan Mabuk Saat Perjalanan Tanpa Perlu Minum Obat

Cara Mengatasi Mual Dan Mabuk Saat Perjalanan Tanpa Perlu Minum Obat

12
0

Cara Mengatasi Mual Dan Mabuk Saat Perjalanan Tanpa Perlu Minum Obat

Kabarmaya.co.id – Mabuk perjalanan dalam dunia medis disebut dengan motion sickness yaitu suatu kondisi di mana seseorang merasa pusing, kembung, mual dan muntah selama perjalanan. Hal ini terjadi ketika ada perbedaan informasi yang diterima antara mata dan bagian dalam telinga tempat kendali keseimbangan berada.

Beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala mabuk perjalanan merupakan usaha yang berkaitan dengan menjaga agar mata dan kendali keseimbangan dalam telinga dalam untuk tetap dalam kondisi stabil. Pertama, usahakan agar gerakan tubuh dan kepala dijaga seminim mungkin. Menggunakan ganjalan leher atau bantalan kepala dapat membantu agar kepala Anda tidak terlalu banyak bergerak.

Kedua, pastikan agar pandangan mata terfiksasi pada obyek yang stabil. Hindari membaca atau bermain karena dapat membuat gejala semakin parah. Menutup mata juga dapat membantu mengurangi gejala. Selanjutnya, bernapaslah menggunakan udara segar. Membuka jendela atau mencari udara segar akan mėmbantu mengurangi gejala mual dan mabuk saat perjalanan jauh.

Dan yang tak kalah penting adalah menghindari udara yang terlalu panas atau terlalu dingin. Lakukan pula relaksasi agar kondisi tubuh menjadi lebih rileks. Mendengarkan musik atau menenangkan diri dengan teknik bernapas dalam juga dapat membantu. Hindari makan tėrlalu kėnyang atau minum tėrlalu banyak. Tetap tenang dan rencanakan perjalanan Anda sejak jauh hari agar Anda terhindar dari kekuatiran atau hiruk pikuk perjalanan yang terlalu terburu-buru dan tidak terencana.

Loading...