Home Info Kesehatan Sampai Usia Berapa Konsumsi Susu Diperlukan?

Sampai Usia Berapa Konsumsi Susu Diperlukan?

11
0

Perhatikan!-4-Makanan-Ini-Dilarang-Keras-Dikonsumsi-Bersama-Dengan-Susu

Kabarmaya.co.id – Susu sering dianggap penting hanya untuk anak-anak. Pasalnya dalam ungkapan ‘4 Sehat 5 Sempurna’, susu juga menjadi salah satu penyempurna dalam semboyan kesehatan yang sudah melekat di benak masyarakat. Hal tersebut memang benar adanya. Susu mengandung banyak zat gizi yang kadang tidak terdapat dalam makanan, sehingga dapat melengkapi kebutuhan gizi harian Anda. Namun, seringkali susu dianggap penting hanya untuk anak-anak, sehingga kebiasaan ini berhenti saat beranjak dewasa. Sebetulnya, sampai usia berapa konsumsi susu diperlukan?

Faktanya, mengonsumsi susu memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, baik anak-anak maupun orang dewasa. Manfaat susu yang bisa dirasakan orang dewasa antara lain Menjaga kesehatan tulang. Manfaat yang satu ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Setiap orang dewasa memerlukan kurang lebih 1000 mg kalsium per harinya. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah minum susu dan mengonsumsi produk olahan susu lainnya, seperti keju dan yoghurt.

Karena manfaat susu yang banyak sekali, para pakar menyarankan agar orang dewasa pun tetap mengonsumsi susu. Bukan hanya untuk anak-anak atau ibu hamil, susu juga baik untuk dikonsumsi setiap orang. Beberapa literatur merekomendasikan agar setiap orang minum susu sampai setidaknya usia 35 tahun. Alasannya adalah karena usia tersebut merupakan puncak pertumbuhan tulang. Meski demikian, bukan berarti setelah usia 35 tahun Anda tidak boleh mengonsumsi susu. Anda tetap bisa minum susu, bahkan hingga usia lanjut sekalipun. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan susu yang tepat.

Sebagai contoh, bagi para wanita minum susu adalah hal yang wajib untuk mencegah terjadinya osteoporosis (kerapuhan tulang akibat kekurangan kalsium) di usia tua. Karena itu, sebaiknya para wanita terus mengonsumsi susu, terutama susu tinggi kalsium. Sementara itu, bagi mereka yang mengalami penyakit tertentu seperti diabetes mellitus (penyakit gula), kolesterol tinggi, atau adanya riwayat penyakit jantung, hindari susu yang tinggi kandungan lemak dan gulanya. Lemak dalam susu dapat memperburuk kondisi penyumbatan pembuluh darah bila Anda sudah memiliki riwayat sakit jantung sebelumnya.

Loading...