Home Info Kesehatan Wajib Tahu! Ini Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Wajib Tahu! Ini Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

10
0

Manfaat-Buah-Salak-Untuk-Kesehatan-Wanita

Kabarmaya.co.idSetiap buah-buahan pasti memiliki manfaat yang berbeda-beda. Begitupun dengan buah yang sering dianggap remeh, seperti salak. Salak atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai snake fruit, karena kulit salak bersisik seperti ular. Buah ini dapat tumbuh subur di iklim tropis seperti Indonesia. Jenis-jenis salak pun bermacam seperti salak condet, salak bali, salak pondoh, dan salak sidimpuan. Buah yang dominan dengan rasa manis, asam, serta ada sensasi sepat ini ternyata mengandung banyak khasiat. Apa saja manfaat salak bagi kesehatan?

Mencegah Risiko Kanker Prostat

Dalam buah salak terdapat kandungan yang bernama pektin yaitu senyawa serupa dengan karbohidrat kompleks yang didapat dari dinding sel sebuah tumbuhan, termasuk buah salak. Menurut Integrative Cancer Therapies, mengkonsumsi buah apa saja yang mengandung pektin dapat ampuh menghambat tumbuhnya sel kanker sebanyak 54%.

Mengobati Sembelit

Banyak yang beranggapan bahwa saat makan buah salak, dikhawatirkan akan terjadi sembelit. Tapi kalau dikonsumsi dengan porsi yang cukup, ternyata kulit ari pada salak sebaiknya jangan dibuang begitu saja. Makanlah salak tanpa mengupas kulit ari tipisnya. Serat kulit ari pada salak ini dipercaya dapat melancarkan pencernaan.

Sumber Vitamin C

Mengkonsumsi 100 gram buah salak, terdapat 10% kandungan vitamin C yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh terhadap virus. Vitamin C yang cukup juga berdampak untuk kesehatan kulit. Elastisitas dan kecerahan rona kulit pun akan terjaga.

Makanan Pendamping Diet

Tekstur buah salak dengan serat yang padat dapat memberikan efek kenyang. Makanya, salak bisa jadi alternatif untuk Moms yang sedang menjalankan program diet. Tapi ingat, konsumsilah buah salak dengan porsi yang wajar dan harus diimbangi dengan sumber nutrisi lainnya.

Selain beberapa manfaat tersebut, nyatanya salak juga diyakni sebagai antioksidan karena kandungan beta karoten di dalamnya. Manfaat ini berdampak signifikan bagi tubuh seperti penangkal virus, melawan pertumbuhan sel kanker, juga mencegah penuaan dini akibat radikal bebas.

Loading...