Home Info Kesehatan Waspada! Gejala Ini Pertanda Liver Penuh Dengan Racun

Waspada! Gejala Ini Pertanda Liver Penuh Dengan Racun

32
0

Waspada!-Gejala-Ini-Pertanda-Liver-Penuh-Dengan-Racun

Kabarmaya.co.idOrgan tubuh bernama liver memang memiliki fungsi yang sangat penting. Antara lain adalah untuk menetralisir racun dalam tubuh, mengatur komposisi darah, dan juga menyimpan cadangan energi. Namun sayangnya walaupun liver sangat penting, banyak orang yang tidak peduli akan kesehatan dari organ tubuh satu ini.

Hal ini disebabkan lantaran liver tidak menunjukkan gejala jika masih belum parah. Akan tetapi, sebenarnya ada ciri-ciri yang muncul pada tubuh ketika liver sedang bermasalah. Oleh karena itu, kali ini akan diulas gejala apa saja yang menunjukkan liver bermasalah atau sedang dipenuhi racun.

Merasakan nyeri di area liver

Ciri pertama yang bisa dirasakan secara langsung adalah nyeri pada bagian kanan atas perut. Memang nyeri tersebut tidak berlangsung lama, namun rasa tersebut akan kembali dalam waktu yang tidak bisa ditentukan. Kemudian jika hal tersebut tidak segera diperiksakan ke dokter, rasa nyeri itu akan semakin parah sehingga bisa menimbulkan sakit yang tidak dapat ditahan oleh penderitanya.

Kaki bengkak dan terasa kenyal

Selanjutnya gejala yang ditimbulkan ketika liver sedang bermasalah yaitu kaki bengkak. Akan tetapi, bengkak tersebut berbeda dengan benjolan pada umumnya. Jika bengkak biasa, maka akan terasa keras ketika dipegang. Sedangkan bengkak akibat liver bermasalah, lebih terasa kenyal ketika disentuh. Ini disebabkan albumin yang diproduksi oleh liver tidak bisa mengontrol cairan secara normal. Oleh karena itu, albumin akan menghasilkan cairan yang berlebih dan mengakibatkan bengkak pada kaki. Meskipun pembengkakan kaki tidak terasa sakit, namun hal ini tetap saja berbahaya.

Berat badan meningkat drastis

Jika berat badan kalian naik secara drastis, harus segera diwaspadai. Alasannya karena itu bisa jadi tanda-tanda jika organ liver dalam keadaan tidak baik. Berat badan meningkat dalam waktu singkat dapat terjadi lantaran liver membiarkan makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi lemak.

Maka dari itu, ketika sudah menjaga makan namun berat badan terus saja naik, wajib konsultasikan ke dokter. Hal ini bisa berbahaya jika dibiarkan terlalu lama, karena tidak semua lemak baik untuk tubuh. Selain itu rasa lelah berlebihan juga bisa menjadi salah satu gejala yang menandakan organ liver tengah bermasalah.

Loading...