Home Info Kesehatan Terlalu Banyak Minum Susu Sapi Bisa Sebabkan Jerawat, Benarkah?

Terlalu Banyak Minum Susu Sapi Bisa Sebabkan Jerawat, Benarkah?

22
0

Terlalu-Banyak-Minum-Susu-Sapi-Bisa-Sebabkan-Jerawat,-Benarkah

Kabarmaya.co.idSelain faktor sumbatan yang terjadi pada pori-pori, ternyata masih ada faktor lainnya yang bisa menyebabkan jerawat pada kulit wajah. Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit wajah tersumbat dengan sel-sel kulit mati, kotoran, hingga bakteri. Selain jerawat, komedo, whiteheads, dan pustula adalah respos kulit wajah yang terjadi akibat dari sumbatan tersebut. Selain faktor sumbatan yang terjadi pada pori-pori, ternyata masih ada faktor lainnya yang bisa menyebabkan jerawat pada kulit wajah.

Seperti yang tertulis dalam laman Health Line, ternyata terlalu banyak minum susu pun dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah. Berjalan beriringan, etika konsumsi susu meningkat, maka jerawat pada wajah pun turut meningkat. Tidak hanya susu, penyebab jerawat pun berlaku pada makanan atau minuman lainnya yang terbuat dari olahan susu. Meskipun jerawat memiliki banyak penyebab dan kulit tiap orang berbeda, tapi bukti yang merupakan hasil dari penelitian mengungkap susu dapat mengiritasi atau menyebabkan jerawat bagi sebagian orang.

Kaitan antara susu sapi dengan jerawat adalah sapi perah biasanya diberi hormon buatan untuk memengaruhi pasokan susunya. Para peneliti berpendapat hormon tersebutlah yang kemudian terlepas dan masuk ke dalam tubuh manusia, sehingga menyebabkan jerawat pada sebagian orang. Selain itu, teori lainnya menjelaskan, tidak semua produk susu memengaruhi timbulnya jerawat. Namun, beberapa penelitian telah mencatat susu skim lah jenis yang paling memicu jerawat.

Kandungan whey, kasein, dan protein yang terdapat dalam susu mampu merangsang pertumbuhan pada anak sapi dan tentu pada manusia yang mengonsumsi susu sapi. Ketika manusia mencerna protein yang terdapat dalam susu sapi, kandungannya akan melepaskan hormon yang mirip dengan insulin. Hormon inilah yang dapat memicu jerawat. Lebih dari itu, masih dalam sumber yang sama, terkadang hormon yang terdapat dalam susu sapi juga mampu berinteraksi dengan hormon manusia, membuat bingung sistem endokrin tubuh, dan memberi sinyal jeda.

Loading...