Home Berita K-Pop Fakta-Fakta Kontroversi Manipulasi Chart Musik DJ SHAUN

Fakta-Fakta Kontroversi Manipulasi Chart Musik DJ SHAUN

23
0

Dituding-Manipulasi-Chart-Musik,-Nama-DJ-Shaun-Viral-Di-Korea.

Kabarmaya.co.id – Dunia musik Korea Selatan akhir-akhir ini sedang dilanda kasus manipulasi chart atau yang disebut dengan istilah sajaegi. Nama DJ SHAUN yang memuncaki chart musik MelOn kurang dari sebulan setelah merilis albumnya, menjadi perbincangan publik dengan tudingan sajaegi. Para netizen menganggap naiknya peringkat lagu SHAUN yang bertajuk ‘Way Back Home’ bukanlah sesuatu yang wajar dilihat dari kepopulerannya sebagai seorang musisi.

‘Way Back Home’ bahkan mengalahkan lagu hits dari beberapa grup idol seperti TWICE, Black Pink, A Pink, hingga MAMAMOO. Pihak yang curiga adanya sajaegi terhadap lagu SHAUN juga menghubungkan nama SHAUN dengan Nilo. Sebelumnya, solois bernama Nilo dengan lagunya ‘Pass By’ juga memuncaki chart musik dengan tiba-tiba. SHAUN pun disebut sebagai the second Nilo atas meledaknya lagu ‘Way Back Home’.

Nama SHAUN memang terdengar asing jika dibandingkan dengan musisi kenamaan Korea Selatan lainya yang berasal dari agensi-agensi besar. Lalu siapakah sebenarnya sosok SHAUN?

  1. DJ sekaligus Produser

SHAUN semata-mata bukan hanya solois, melainkan seorang DJ. Ia juga seorang produser musik yang bernaung di bawah agensi DCTOM Entertainment. Label ini juga membawahi beberapa DJ, termasuk Juncoco. SHAUN dulunya dikenal sebagai salah satu personel dari band indie The KOXX. Akhir-akhir ini The KOXX yang berisi SHAUN dan satu rekannya tampil menjadi pengisi musik tetap di variety show ‘Unexpected Q’.

  1. Terlibat Proyek Grup Idol Populer

Profesinya sebagai seorang produser sangat diakui oleh pelaku di industri musik. Selama berkarir bersama musik, SHAUN sudah bekerja sama dengan grup EXO, G-Dragon solo, Epik High, f(x), dan juga Bangtan Boys. SHAUN juga meajdi partner EXO menampilkan performa di ajang Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 kemarin.

  1. Dituding Sajaegi

Tudingan the second Nilo kepada SHAUN berawal dari lagu ‘Way Back Home’ meroket di salah satu chart musik Korea Selatan. Tidak seterkenal TWICE, Black Pink, dan A Pink, tiba-tiba SHAUN naik ke posisi pertama. ‘Way Back Home’ sendiri merupakan salah satu lagu dari mini album SHAUn yang bertajuk ‘TAKE’ dirilis pada tanggal 27 Juli 2018. Kejanggalan bertambah karena lagu ‘Way Back Home’ bukanlah lagu utama dari album ‘TAKE’. ‘Way Back Home’ yang sebelumnya kurang mendapatkan perhatian dari orang Korea sendiri, pada tanggal 16 Juli meroket di chart musik seperti Genie, Olleh Music, Bugs, hingga MelOn.

  1. Naik Peringkat Di Fandom Hours

Fandom hours merupakan waktu dimana para fans K-Pop akan mendengarkan lagu terbaru dari idolanya. Biasanya hal ini terjadi tengah malam hingga pagi hari dimana para fans akan tidur atau beristirahat. Grafik kenaikan ‘Way Back Home’ yang terjadi pada fandom hours dirasa janggal karena SHAUN sendiri diklaim belum cukup mempunyai fanbase. Sudah menjadi hal yang wajar jika tengah malam hingga pagi hari kenaikan chart hanya berlaku untuk lagu dari grup idol. Sementara lagu solois seperti Yoon Jong Shin dan band indie Melomance biasanya akan meingkat pada public hours atau waktu normal yang biasanya digunakan untuk streaming musik.

  1. Tanggapan Agensi

Agensi memberikan tanggapan mereka atas tudingan sajaegi yang diarahkan kepada SHAUN. DCTOM mengelak hasil yang dicapai SHAUN adalah manipulasi. Agensi juga memperkuat alasan dengan mengatakan bahwa tim pemasaran agensi mempunyai cara khusus untuk membuat viral lagu ‘Way Back Home’.

Sebelum ‘Way Back Home’ memuncaki chart MelOn, SHAUN sempat membagikan beberapa potret dari screenshoot chart lagu. Terlihat lagu ‘Way Back Home’ naik perlahan hingga akhirnya mengalahkan tiga posisi teratas yang ditempati oleh TWICE, Balck Pink, dan A Pink. Dalam caption-nya, SHAUN juga tidak menyangka lagunya akan berada di puncak chart musik Nasional.

Loading...