Home Info Kesehatan Dapat Memicu Kanker, 3 Jenis Obat Ini Ditarik BPOM

Dapat Memicu Kanker, 3 Jenis Obat Ini Ditarik BPOM

23
0

Mengenal-Dumolid,-Obat-Jenis-Psikotropika-Yang-Dikonsumsi-Tora-Sudiro-Dan-Mieke-Amalia

Kabarmaya.co.idBPOM RI telah menarik dan menghentikan produksi peredaran obat tekanan darah hipertensi yang diperuntukkan bagi pasien gagal jantung yang beredar di pasaran.Ditariknya obat asal China ini karena mengandung zat kimia yang memicu kanker, yaitu valsartan. Dilansir dari Science Alert, obat ini telah ditarik secara global setelah regulator Amerika Serikat dan Eropa memperingatkan bahaya kandungan tersebut.

Zhejiang Huahai Pharmaceutical Company, sebagai produsen N-nitrosodimethylamine telah mendapat peringatan sejak 5 Juli dari Food and Drug Administration/FDA Amerika Serikat. Serangkaian penelitian telah dilakukan dan membuktikan bahwa zat valsartan sangat berbahaya bagi tubuh. Surat edaran mengenai penarikan N-nitrosodimethylamine telah keluar dan beredar ke setiap daerah. Obat yang telah beredar tersebut wajib ditarik dari peredaran dan diberhentikan produksinya, khususnya di Indonesia.

Tak hanya N-nitrosodimethylamine, sudah ada dua jenis obat yang diketahui mengandung zat valstaran lainnya, antara lain arten Tablet (80 mg dan 160 mg) produksi dari PT. Actavis Indonesia dan Valesco Kaplet Salut Selaput (40 mg, 80 mg dan 160 mg) dari PT. Dipa Pharmalab Intersains. Menurut CNN, obat-obatan yang mengandung valsartan diklaim mampu mengobati tekanan darah tinggi dan gagal jantung.

Tetapi, valsartan sendiri tidak memiliki hak paten untuk dapat digunakan sebagai komponen Obat generic. Food and Drug Administration/FDA Amerika Serikat menyatakan bahwa tak semua Obat gagal ginjal dan tekanan darah mengandung kandungan valsartan. Hingga saat ini, FDA masih melakukan penelitian lanjut terhadap obat-obatan yang diperuntukkan bagi penderita gagal jantung dan tekanan darah.

Loading...