Home Informasi Travel Sundae, Sosis Darah Camilan Orang Korea

Sundae, Sosis Darah Camilan Orang Korea

17
0
Sundae,-Sosis-Darah-Camilan-Orang-Korea
Sundae (sumber gambar: Wikipedia)

Kabarmaya.co.idJika mendengar kata Sundae di Korea, jangan mengharapkan yang tersaji adalah salah satu varian es krim yang sudah sangat terkenal itu. Tak ada hubungannya dengan es krim, makanan yang satu ini justru berbentuk seperti sosis. Anda bisa menemukannya di lapak jajanan pinggir jalan dengan harga yang cukup murah, yaitu sekitar 1500-2000 KRW. Sundae sebenarnya memiliki beberapa varian, namun semuanya nampak sama karena berbahan dasar daging babi yang sudah dibumbui.

Sundae sendiri sebenarnya terbuat dari usus babi yang diisi dengan campuran ketan, kacang panjang, sawi atau kubis serta sayuran lain yang dibumbui bawang, jahe, minyak wijen yang kemudian direbus. Ada dua cara penyajian dari jajanan ini, pertama dengan cara ditusuk dengan bilah kayu menyerupai sate atau dipotong kecil-kecil. Selain itu, Sundae juga bisa dinikmati dengan mencampurkannya dengan saus atau juga bisa ditaburi dengan garam terlebih dahulu. Anda juga bisa menikmatinya berbarengan dengan tteokbokki yaitu makanan yang terbuat dari tepung beras.

Selain dengan cara-cara yang sudah disebutkan tadi, Sundae ternyata juga bisa dimasak menjadi sup atau juga ditumis dengan berbagai jenis sayuran kemudian disiram dengan saus Gochujang. Selain berbahan dasar daging babi, Sundae juga ada yang terbuat dari cumi-cumi yang tentunya makanan yang jenis ini bisa ditemukan di daerah yang dekat dengan pelabuhan.

Salah satu isian favorit dari Sundae yaitu darah babi dan juga mie. Meski begitu, tak sedikit orang yang menggunakan daging sapi atau ikan. Beberapa orang Korea memang lebih suka membuat variasi sendiri Sundae yang akan disantapnya. Berbeda dengan sosis yang ada di Eropa atau Negara lain, sosis khas Korea memiliki tekstur yang kenyal dan lumer di mulut. Tekstur yang berbeda inilah yang terkadang membuat para pelancong memburu dan ingin menikmati jajanan ini.

Korea ternyata juga memiliki sebuah kawasan yang dianggap sebagai pusat dijajakannya Sundae. Tempat tersebut berada di daerah Sillim-dong, dekat dengan sebuah stasiun metro. Jenis Sundae yang dijajakan di kawasan ini kebanyakan memiliki rasa yang pedas dengan porsi yang lebih besar dibanding lainnya.

Loading...