Home Informasi Travel Hilangkan Mabuk Alkohol, Makan Haejangguk!

Hilangkan Mabuk Alkohol, Makan Haejangguk!

25
0
Hilangkan-Mabuk-Alkohol,-Makan-Haejangguk!.
sumber gambar: Migrationology.com

Kabarmaya.co.id – Korea Selatan memang identik dengan minuman beralkohol, terutama minuman yang dihasilkan dari proses fermentasi beras seperti soju misalnya. Sekitar tahun 1970an hingga 1980an, diketahui jika perekonomian Negeri Ginseng ini perlahan membaik, sejak saat itu pula kemudian ada budaya yang mulai berkembang. Budaya tersebut yaitu makan malam dan minum bersama dengan rekan kerja, yang hingga sekarang masih bertahan.

Di balik kecintaan orang Korea terhadap minuman beralkohol ini, ternyata mereka juga memiliki trik khusus untuk mengatasi mabuk agar cepat hilang. Salah satu diantaranya yaitu dengan memakan Haejangguk. Haejangguk merupakan sup penghilang mabuk yang sangat ampuh dari Seoul.

Dikutip dari Great Big Story, di Seoul terdapat sebuah restoran yang menyajikan sup penghilang mabuk yang bernama Haejangguk. Restoran yang sudah berdiri sejak tahun 1973 ini kini sudah ada di tangan generasi ketiganya yang bernama Choi Joon Young. Menurut penuturan Choi Joon Young, Haejangguk merupakan salah satu sup penghilang mabuk yang sangat berpengaruh dalam sejarah makanan Seoul.

Sup ini terbuat dari rebusan tulang kaki, sanding lamur, dan juga intestin dari sapi yang kemudian dicampur dengan pasta kedelai dan juga gumpalan dari darah sapi. Semua bahan tersebut kemudian direbus selama 24 jam dan kemudian ditambah dengan kubis. Haejangguk dimasak dalam sebuah pot yang sangat besar yang kemudian disajikan dengan tambahan nasi. Menurut sang pemilik, semua bahan yang digunakan untuk membuat Haejangguk merupakan bahan yang bisa membersihkan tubuh dari rasa mabuk.

Siapapun yang sedang berwisata ke Korea Selatan wajib kuliner sup ini. Meski tidak sedang mabuk, sup ini juga enak disantap pada malam hari atau saat musim dingin untuk menghangatkan labung.

Loading...